Beranda Event Yayasan Percik Latihan Bela Negara

Yayasan Percik Latihan Bela Negara

426
0
BERBAGI

Yayasan Perguruan “Cikini” adalah sebuah Yayasan Pendidikan yang mengedepankan Kebangsaan, nilai-nilai patriotisme dan menanamkan sikap-sikap Bela Negara.

Pada sejarahnya, Percik lahir dari keprihatinan bangsa, tatkala tahun 1942 Jepang masuk ke Batavia semua sekolah ditutup. Disinilah para Pendiri Yayasan Perguruan “Cikini” memulai mendirikan “Kursus Bahasa Indonesia” sebagai wadah bagi  para siswa yang masih semangat belajar untuk bersekolah.

Sehingga, dari latar belakang perjuangan tersebut sangat tepat jika Yayasan Perguruan Cikini tetap melakukan pembinaan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk generasi anak bangsa.

Oleh karena itu, dengan semangat patriotisme dan dalam rangka ikut berkontribusi dalam upaya pembelaan negara di dalam profesi masing-masing.

Yayasan Perguruan Cikini pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2019 melaksanakan kegiatan Pelatihan Bela Negara 1 dengan peserta sebanyak 48 siswa terpilih  yang berasal dari seluruh unit, yaitu SMP, SMA, SMK 1, SMM, dan SMK 3 Percik.

Dandim 0502 Jakarta Utara selaku Inspektur Upacara dalam upacara pembukaan pelatihan sangat mengapresiasi gagasan Yayasan Perguruan Cikini dalam menyelenggarakan Pelatihan Bela Negara, Dandim juga berpesan agar para siswa belajar dengan baik dan bercita-cita besar sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang siap terhadap segala tantangan yang dihadapi.

Selain itu, Kabid Bela Negara Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta selaku pemateri dalam bahasan wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara juga mengapresiasi kegiatan tersebut, dan bersedia melakukan kerjasama dalam kegiatan selanjutnya.

Materi berikutnya yaitu PBB dan Bela Negara disampaikan oleh Resimen Mahasiswa sebagai salah satu komponen yang bergerak di bidang Bela Negara.

Materi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan sebagai perwujudan aplikatif Bela Negara dalam kehidupannya sebagai siswa.

Materi terakhir adalah Sejarah Perguruan Cikini yang disampaikan oleh Direktur Dikdasmen Yayasan Percik yaitu bapak Drs. Susiyanto. Sejarah Perguruan Cikini sebagai pengingat bahwa Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan ini dalam umurnya yang sudah 67 tahun ini selalu berusaha berbuat untuk kemajuan bangsa dan negara.

Pelatihan Bela Negara ini akan terus berkelanjutan, dengan materi dan peningkatan skill yang lebih berkembang.

LEAVE A REPLY