Beranda Edukasi Training Marketing Online Percik: Merespons Lajunya Perkembangan Teknologi Promosi dan Pemasaran

Training Marketing Online Percik: Merespons Lajunya Perkembangan Teknologi Promosi dan Pemasaran

133
0
BERBAGI

 

OASENEWS.com – Perkembangan teknologi telah mengubah peradaban manusia. Perkembangan teknologi juga telah memaksa manusia mengubah perilaku, jika tidak ingin tertinggal jaman. Salah satu lini yang terimbas signifikan adalah segala bentuk komunikasi yang merupakan kebutuhan vital dalam proses sosialisasi antar umat manusia. Menjadi lebih terasa lagi manakala komunikasi dilakukan sebagai bentuk kebutuhan khusus seperti promosi, marketing dan lain-lain dengan segala implementasi yang menyertainya.

Perihal “jualan online” sebenarnya sudah sejak lama dilakukan dalam aktifitas keseharian, terlebih dengan banyaknya aplikasi penjualan online yang semakin popular melalui layar gadget. Pun berbagai bentuk kegiatan sosialisasi yang sudah sangat tergantung pada kecanggihan teknologi media online. Hal yang perlu didalami terkait media online sebagai sarana marketing maupun sale adalah bagaimana mengoptimalkan media online sebagai sarana promosi yang bisa mendatangkan hasil signifikan. Dalam konteks dunia pendidikan, adalah bagaimana bisa menghadirkan siswa yang banyak. Penggunaan media online dalam dunia pendidikan benar-benar terasa sejak dunia dilanda wabah covid 19 yang menyebabkan keharusan menjaga jarak satu dengan yang lain. Problem yang terjadi adalah keharusan melakukan aktifitas melalui daring dalam proses pembelajaran, termasuk juga penyebaran informasi terkait Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).  

Menyikapi hal tersebut Direktorat Dikdasmen Percik menyelenggarakan Training Marketing Online, meliputi berbagai konten marketing dan sale serta penggunaan berbagai aplikasi media online sebagai sarana promosi maupun sosialisasi. Materi training meliputi Basic Marketing, Marketing VS Sales, Tahapan Membangun Brand,  menciptakan traffic, menghadirkan leeds sampai dengan menciptakan evangelist. Termasuk dalam materi pelatihan adalah penggunaan aplikasi yang relevan dengan hal tersebut. Pelatihan yang berlangsung pada 24 Pebruari 2021 bertempat di SMK Percik Plumpang ini menjadi lebih menarik karena selain menghadirkan Nia Febriana selaku pembicara, juga menghadirkan praktisi ig, Kang Sakti dari Mafia Sakti. Kegiatan yang merupakan lanjutan dari kegiatan serupa pada 6 Pebruari ini, menyampaikan materi berbagai strategi dan cara dalam berselancar menggunakan aplikasi instagram yang dewasa ini begitu banyak dipergunakan sebagai media informasi termasuk untuk kepentingan promosi. Diharapkan penggunaan aplikasi ini segala bentuk promosi Percik khususnya terkait dengan PPDB menghadapi Tahun Ajaran 2021/ 2022, bisa menghadirkan siswa baru sesuai target unit masing-masing. Training ini diikuti oleh para admin media sosial dari seluruh Unit Dikdasmen Percik yaitu TK, SD, SMP, SMA 1, SMA 2, SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Perguruan “Cikini”. Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian kerjasama Percik dengan konsultan HumanPlus Institute.   

LEAVE A REPLY