Beranda Edukasi Tips Meningkatkan Gairah dan Semangat Belajar

Tips Meningkatkan Gairah dan Semangat Belajar

4023
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Sebagai seorang pelajar, tentunya memiliki kewajiban yaitu nemuntut ilmu. Dengan belajar dan menuntut ilmu, sejatinya kita secara langsung dan tidak langsung telah melakukan proses untuk menjadi insan manusia yang lebih baik lagi.

Tetapi, permasalahan nya adalah terkadang seseorang tidak selalu berada di tahap bersemangat atau bergairah dalam melakukan proses pembelajaran. Ada suatu masa dimana seseorang akan berada di bawah titik terendah dalam proses belajar. Untuk itulah ada beberapa tips bagi kalian agar kalian bisa semangat dan tentunya bergairah dalam belajar. Apa saja sih?

1. Membuat atau menentukan jadwal belajar

            Agar pola belajar kita bisa tersistematis dan tentunya agar kita bisa selalu ingat kapan kita harus belajar? Maka jawaban nya adalah menjadwalkan belajar kita. Hal ini akan membuat kita lebih terfokus serta akan membuat belajar kita lebih efektif dan tentunya efisien. Jadi kita tidak akan lupa

2. Luruskan hati dan niat

            Meluruskan hati dan niat sangat penting, agar persepsi kita dalam belajar tidak hanya mengenai penggugur kewajiban, tetapi kita meniatkan belajar memang untuk berproses menjadi manusia yang lebih baik lagi serta diri kita dapat lebih berkembang dengan jauh lebih baik.

3. Meminimalisir gangguan belajar

            Seringkali gangguan saat belajar belajar menghambat proses penyerapan materi. Untuk memperoleh suasana belajar yang baik, hindarilah gangguan belajar yang mungkin terjadi serta kita dapat meminimalisir kegiatan yang mungkin akan membuat kita terganggu dalam belajar.

4. Sering berdiskusi dengan teman dan sahabat

            Kalian mungkin terkadang akan kesulitan dalam belajar secara individu, diskusi merupakan salah satu cara yang efektif untuk kalian dalam melakukan belajar, tentunya dengan berdiskusi dengan sesama teman atau sesama sahabat, semangat kalian dalam belajar pasti akan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan belajar sendiri.

5. Membuat Target belajar

            Dalam usaha mencapai tujuan, target sangat penting untuk dituliskan, jangan hanya diinget karena kekuatan otak kita tidak mampu selalu mengingatnya. Tulis target yang harus kita capai pada kertas lalu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita melihatnya, seperti lemari, dinding kamar atau bisa juga ditulis di buku agenda atau diarimu. Dengan menulis target yang akan kita capai ini mempunyai kekuatan yang besar dalam mencapai keberhasilan.

6. Istirahat

Istirahat termasuk salah satu faktor penting dalam proses belajar. Belajar terus menerus tanpa memberikan waktu istirahat akan membuat orak dan tubuh menjadi lelah. Ketika tubuh lelah, proses belajar tidak akan maksimal. Materi yang dipelajari tidak akan bisa terserap optimal dalam ingatan. Selain itu, istirahat juga dibutuhkan akan kondisi tubuh tetap fit dan sehat.

            Itulah beberapa tips yang bisa kalian ambil untuk kalian yang sedang berada di titik down untuk belajar, jangan pernah lelah untuk belajar, karena dengan terus belajar, maka diri kita akan terus berkembang dan tentunya kita dapat berkontribusi untuk negeri kita tercinta ini dari hasil kita berproses melalui belajar, selamat belajar dan selamat berproses!

LEAVE A REPLY