Beranda Edukasi Tiba Saatnya Seleksi Akademis PPDB 2021

Tiba Saatnya Seleksi Akademis PPDB 2021

74
0
BERBAGI

OASENEWS.com – SMK 3 Perguruan “Cikini” (Percik) baru saja memulai aktifitas dalam menyambut Tahun Ajaran 2021/ 2022 dengan pelaksanaan ujian bagi para calon siswa yang merupakan rangkaian program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).  Tes PPDB Gelombang 1 diselenggarakan pada Sabtu 10 April 2021 bertempat di SMK 3 Percik Srengseng Sawah dengan diikuti oleh 53 (lima puluh tiga peserta). PPDB merupakan salah satu langkah awal dalam pemetaan eksistensi sekolah dalam aktifitas pengembangan akademis maupun non akademis. Potensi pengembangan sebuah sekolah sangat bergantung kepada jumlah siswa sekolah tersebut. Untuk tahun ajaran 21/ 22 SMK 3 Percik memasang target siswa baru sebanyak 400 orang. Saat ini tercatat tidak kurang dari 1.143 (seribu seratus empat puluh tiga) mengikuti pendidikan pada sekolah tersebut, sedang target jumlah siswa ke depan adalah 1.200 (seribu dua ratus) orang, terbagi ke dalam 5 (lima) program studi yaitu Teknik kendaraan Ringan (TKR)/ dahulu Otomotif, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Farmasi dan Otomasi Tata Kelola Perkantoran.

Rangkaian kegiatan Tes Program Penerimaan Peserta Didik Baru meliputi pengenalan profile Yayasan Perguruan “Cikini”, Profile SMK 3 Percik, prospek dan profile lulusan dan yang terpenting adalah wawancara yang melibatkan orangtua siswa dalam menentukan Kompetensi Keahlian/ Program Studi masing-masing, karena hal ini menyangkut masa depan calon siswa yang bersangkutan. Wawancara meliputi penggalian potensi kepribadian dan karakteristik para calon siswa serta penjelasan terkait materi pembelajaran maupun prospek setiap kompetensi keahlian/ program studi agar para calon siswa benar-benar memahami program studi yang akan dipilihnya. Untuk memperkuat hasil pemetaan, para calon siswa juga mengikuti tes bakat dan minat serta tes tertulis terkait potensi akademis masing-masing. Rangkaian tes tersebut dilaksanakan oleh para guru dibantu tenaga kependidikan, di bawah arahan Kepala SMK 3 Percik, Gito Suroso, M.Si.

Perkembangan SMK 3 menunjukkan adanya progress yang signifikan. Berdiri sejak 2012, kini SMK 3 menjadi salah satu sekolah yang disegani di wilayah Jakarta Selatan. Memasuki tahun ke sembilan tercatat ada prestasi yang sangat baik. Selain dari jumlah siswa yang terus bertambah, sekolah ini juga memperoleh kepercayaan pemerintah dalam program revitalisasi SMK untuk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan/ Otomotif. Sekolah ini juga baru saja menerima sertifikat sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk kelima Prodi di atas yaitu Teknik kendaraan Ringan (TKR), Multimedia (MM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Farmasi dan Otomasi Tata Kelola Perkantoran.

LEAVE A REPLY