Beranda Edukasi Test Uji Kelayakan Calon Pimpinan : Suksesi Tidak Boleh Terputus

Test Uji Kelayakan Calon Pimpinan : Suksesi Tidak Boleh Terputus

88
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Cukup banyak tantangan dalam mengelola institusi pendidikan, terlebih sekolah swasta. Selain persaingan dengan sekolah swasta lainnya, acapkali terjadi hal yang sangat tidak menguntungkan, bahkan mengganggu siklus rutinitas bekerja, termasuk dalam hal yang berdampak strategis. Belum lama berselang, sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang tenaga pendidik (guru) harus hengkang lantaran mereka adalah para guru bantu ditarik ke sekolah negeri. Akibatnya dengan secepat itu pula harus merekrut guru-guru baru dari berbagai disiplin ilmu. Pun akhir tahun ajaran 2021/ 2022, beberapa orang guru berpindah ke sekolah negeri dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ironisnya rekruitmen tidak saja melibatkan guru, akan tetapi juga para pimpinan.

Meski terasa berat namun hal ini harus dihadapi dengan lapang dada, demi sinergi yang baik antara sesama pelaku pendidikan di negeri tercinta. Menyikapi hal ini Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Perguruan “Cikini” (Percik) melaksanakan rangkaian acara Tes Uji Kelayakan bagi para calon pimpinan, khususnya untuk unit SD dan SMA 2. Adapun formasi yang harus diisi adalah Wakil Kepala SMA 2. Pertambahan siswa baru dimana pada tahun ajaran 2022/ 2023 SMA 2 Percik telah terisi seluruh angkatan (Kelas X, XI, XII) dengan jumlah siswa 470 an, menjadi kurang efektif jika kepala sekolah hanya didampingi seorang wakil, maka diperlukan tambahan wakil kepala sekolah. Unit lainnya adalah SD yang memerlukan kepala sekolah disertai dua wakil kepala sekolah. Uji Kelayakan ini dilakukan mengingat prinsip bahwa eksistensi sekolah harus tetap dijaga dengan baik dan tidak bergantung pada figure satu atau dua orang.

Untuk menjaga obyektifitas, rangkaian psikotest dilakukan oleh Pihak Eksternal, dalam hal ini PT Jixanindo Prima Consulting. Psikotest berlangsung pada 14 Juli 2022. Adapun tes wawancara akan dilakukan oleh Sekretaris EKsekutif YPC beserta Direktur dan Wakil Direktur Dikdasmen YPC pada 23 Juli 2022.

Saat ini Yayasan Perguruan “Cikini” mengelola 9 Unit Pendidikan yaitu TK, SD, SMP, SMA 1, SMA 2, SMK 1, SMK 2 dan SMK 3 Perguruan “Cikini”, menyusul Unit ke sembilan adalah SMK Perguruan Cikini – KIIC yang berlokasi di Kawasan KIIC Karawang. SMK ini berdiri atas kerjasama Yayasan Perguruan “Cikini” dengan Karawang International Industrial City, Karawang.

LEAVE A REPLY