Beranda Edukasi SMP Percik: Pesantren Ramadhan dan Sosialisasi Blended Learning

SMP Percik: Pesantren Ramadhan dan Sosialisasi Blended Learning

3339
0
BERBAGI
Santunan anak yatim dan kaum duafa di sekitar sekolah
Santunan anak yatim dan kaum duafa di sekitar sekolah

OASENEWS.com – Ramadhan 1442 merupakan kali kedua suasana puasa dihantui oleh virus pandemic covid 19 yang berlangsung sejak lebih dari 1 tahun yang lalu. Pemerintah sudah melakukan upaya penyuntikan vaksin bagi warga masyarakat, semoga hal ini bisa mengatasi ganasnya virus yang telah banyak memakan korban. Seluruh sendi kehidupan harus melakukan proses adaptasi guna menyesuaikan diri, pun  dengan kegiatan belajar mengajar atau kegiatan-kegiatan lainnya yang selama ini menjadi agenda rutin sekolah.

Lantunan Azan Maghrib oleh pemenang lomba azan
Lantunan Azan Maghrib oleh pemenang lomba azan

Meski demikian aktifitas sekolah dengan segala bentuk kegiatan harus terus berjalan karena transformasi ilmu dengan segala proses pendidikan dan pembinaan tidak boleh terhenti dengan alas an apapun. Seperti halnya SMP Perguruan “Cikini” (Percik) yang baru saja mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan selama 3 hari, 5 sampai 7 Mei 2021. Aktifitas hari pertama dimulai dengan tilawah, aneka lomba keagamaan,  cerdas cermat bermaterikan Pendidikan Agama Islam, juga tugas membuat karya video kreatif. Acara dibuka oleh Sutrisno, S.Pd, Wakil Kepala SMP Percik dengan diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Acara juga disemarakkan dengan penyerahan sumbangan dari para siswa dan guru. Dana terkumpul sebesar Rp 14.900.000: (Empat Belas Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) diserahkan kepada para yatim dan kaum duafa di wilayah sekitar sekolah. Selain itu berlangsung pula Tadarus Alquran guna mendalami nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Sementara pada hari ketiga menyuguhkan materi kisah para sahabat Nabi dalam meneladani akhlak Rasulullah SAW, dan acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba.

Pengumuman pemenang lomba puisi, adzan, kaligrafi, cerdas cermat PAI, hafalan surat Ad-Dhuha
Pengumuman pemenang lomba puisi, adzan, kaligrafi, cerdas cermat PAI, hafalan surat Ad-Dhuha

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan spiritual dan pemahaman keagamaan dengan menebar akhlak yang baik serta menanamkan nilai-nilai kemandirian kepada para siswa. Pada hari ketiga sebelum penutupan, Kepala SMP Percik Drs Susiyanto menyampaikan sosialisasi Pembelajaran Blended Learning yang akan dimulai dalam bulan Juli 2021.

Kegiatan Pesantren Ramadhan merupakan salah satu implementasi dari pendalaman pendidikan agama yang merupakan komitmen kami, selain dari nilai-nilai akademis yang kami lakukan dengan pendekatan yang terus mengikuti perkembangan jaman. Meski Perguruan “Cikini” adalah sekolah nasional dan tidak berafiliasi pada agama tertentu, namun dalam hal kedalaman agama para siswa tidak boleh kalah dengan sekolah-sekolah keagamaan, bukan hanya agama Islam, tetapi juga agama-agama lain, demikian Susiyanto – Kepala SMP Percik.

LEAVE A REPLY