Beranda Edukasi SMP PERCIK: Pelatihan Penggunaan Akun untuk Para Orangtua Siswa

SMP PERCIK: Pelatihan Penggunaan Akun untuk Para Orangtua Siswa

3379
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Pandemi Covid 19 telah mengubah peradaban hidup, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Berbeda dengan kondisi 9 bulan ataukah satu tahun silam, di mana kegiatan belajar mengajar menggunakan cara-cara tatap muka dengan segala ekspresi di dalamnya, praktis virus corona telah memaksa para stake holder dunia pendidikan beradatasi dengan pendekatan dan cara-cara baru. Pasalnya wabah penyakit yang mulai melanda masyarakat Indonesia pada awal tahun 2020 an benar-benar tidak mentolerir terjadinya interaksi antara umat manusia dalam bentuk kedekatan phisik. Betapa terpukulnya masyarakat dunia ketika itu, tatkala harus menghadapi kenyataan bahwa berbagai lini kehidupan mengalami hambatan yang berdampak terjadinya kerugian bahkan penderitaan. Meski kini perlahan masyarakat mulai beradaptasi namun kenyataannya proses akselerasi dalam melakukan penyesuaian belum berjalan sesuai harapan.

Dalam bidang pendidikan misalnya, kini para guru, para siswa, orangtua siswa atau stake holder lainnya harus mulai terbiasa menggunakan metode ataupun pendekatan pembelajaran dengan menggunakan cara-cara on line yang sering disebut sebagai Pembelajaran Jarak Jauh. Ada essensi yang hilang dengan penggunaan cara-cara ini seperti ekspresi yang tidak bisa terungkap secara penuh oleh pihak-pihak yang berinteraksi dan juga pembelajaran praktek tidak bisa berjalan maksimal, pun hal yang bersifat stimulatif tidak berjalan baik sebagaimana pertemuan tatap muka. Berbagai hambatan tersebut diperparah dengan keterbatasan penguasaan teknologi dan juga faktor pendukung lainnya seperti ketergantungan pada kuota dan juga signal yang seringkali menjadi kendala serius. Di sisi lain dalam konteks interaksi antara sekolah, siswa dan para orangtua siswapun mengharuskan adanya pemahaman atau penguasaan teknologi bagi kesemuanya.

Menyikapi hal ini SMP Perguruan “Cikini” (Percik) mengambil inisiatif untuk mengadakan pelatihan bagi para orangtua siswa terkait berbagai hal yang relevan dengan penggunaan teknologi. Pelatihan diadakan secara bergilir pada 10 sampai dengan 13 Nopember 2020 dengan mengikuti protokoler kesehatan. Materi utama pelatihan adalah penggunaan akun aplikasi pembelajaran. Tujuannya agar para  orangtua siswa dapat memonitor proses pembelajaran yang diikuti putra putrnya, mulai dari materi pembelajaran baik berupa teks, video, kuis dan sebagainya. Para orangtua juga bisa mengikuti assesmen, termasuk bisa mengikuti aktifitas putra-putrinya dalam mengakses dunia maya.

Penggunaan aplikasi pembelajaran itu sendiri merupakan program SMP Percik dalam merespons perkembangan masyarakat dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif. Saat ini kami sedang melakukan digitalisasi proses pembelajaran dan digitalisasi managemen pendidikan, maka dukungan dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kemutlakan bagi kami. Ke depan kami merencanakan pembatasan pertemuan tatap muka antara guru dan siswa, sementara kegiatan belajar mengajar untuk pelajaran atau materi tertentu dijalankan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) , kami akan memaksimalkan penggunaan teknologi yang relevan, demikian Drs. Susiyanto, Kepala SMP Percik.

Akan halnya kehadiran pandemic covid 19 ini, pada kenyataannya telah memaksa semua pihak bergerak lebih cepat dalam merespons situasi dan kondisi, antara lain dengan pemanfaatan teknologi secara lebih intens dalam berbagai lini, tidak terkecuali dunia pendidikan yang harus mengikuti peradaban baru dalam tata cara belajar dan mengajar.

LEAVE A REPLY