Beranda Edukasi SMP Percik: Lingkungan Yang Nyaman Pemicu Semangat Belajar

SMP Percik: Lingkungan Yang Nyaman Pemicu Semangat Belajar

141
0
BERBAGI
Tata cahaya dengan spectrum yang nyaman serta luminasi yang tepat.

OASENEWS.com – Apakah ada korelasi antara kenyamanan lingkungan belajar dengan semangat belajar para siswa? Para pelaku pendidikan sebaiknya concern terhadap hal ini. Beberapa mahasiswa telah melakukan penelitian dalam skripsi maupun thesis mereka dengan konten tersebut di atas. Hasilnya, ada korelasi positif di antara keduanya, artinya suasana lingkungan atau tempat belajar yang nyaman memberikan pengaruh terhadap semangat belajar para siswa. Pada dasarnya banyak indikasi yang menunjukkan perlunya penataan lingkungan sebagai sarana interaksi yang nyaman bagi para penghuni ataupun personal lain yang relevan. Bukankah rumah-rumah mewah, hotel, restoran, kafe, termasuk juga berbagai institusi pendidikan berlomba-lomba menampilkan desain interior maupun eksterior yang bagus? Selain menampilkan performa yang menawan, tentunya juga memberikan kenyamanan tersendiri sebagai wahana yang mempertemukan banyak pihak.

Ruang Kelas yang nyaman, natural dan elegan

Khusus bagi institusi pendidikan, hal ini bukanlah sekadar mengejar prestige namun jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana membuat siswa semangat belajar, juga terbiasa dengan tertib kehidupan yang pada akhirnya membuahkan peningkatan prestasi serta habit yang baik dan teratur. Seperti halnya yang dilakukan oleh SMP Perguruan “Cikini” (Percik). Setahap demi setahap sekolah yang berlokasi di wilayah Jalan Cikini Raya ini memperbaiki berbagai sistem yang ada. Setelah menerapkan managemen pembelajaran terpadu sehingga setiap proses pembelajaran berjalan transparan dan melibatkan para orangtua siswa secara langsung, kini SMP Percik melakukan pembenahan dengan perbaikan berbagai sarana seperti kelas, koridor, majalah dinding, corner book, gallery kegiatan, taman serta berbagai sarana pendukung lainnya.

Papan Prestasi siswa di sepanjang koridor, di sini terpasang informasi prestasi para siswa dalam bidang apapun, baik di dalam sekolah, maupun di luar sekolah

Kepala SMP Percik, Susiyanto menyatakan bahwa ini semua merupakan upaya menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi para siswa. Selain dari suasana yang nyaman, filosofi rumah kedua adalah ketika berada di sekolah bapak ibu gurulah yang menjadi orangtua mereka. Maka dengan demikian hubungan personal antara guru dengan siswa harus selalu kondusif, tidak ada lagi gap yang membuat segala permasalahan tidak terbaca dengan baik sejak awal. Pun hubungan guru serta warga sekolah lainnya dengan para orangtua siswa. Pada prinsipnya sebagai sekolah swasta kami harus memprioritaskan tiga hal signifikan yaitu prestasi yang baik, layanan yang memuaskan serta interaksi antara seluruh stake holder yang selalu terjaga, yang pada akhirnya adalah kepercayaan masyarakat yang terpelihara dengan baik demikian papar Susiyanto.

Sudut Baca, sekaligus sebagai tempat untuk ajang diskusi

LEAVE A REPLY