Beranda Edukasi SMK Percik – KIIC : Upaya Keras Merangkul Masyarakat Karawang

SMK Percik – KIIC : Upaya Keras Merangkul Masyarakat Karawang

53
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Menundukkan Karawang? “Tidak semudah itu Ferguso…” Perlu waktu yang cukup dan strategi yang tepat untuk melakukan “perkenalan” dengan masyarakat Karawang secara lebih mendalam agar keberadaan SMK Percik – KIIC benar-benar menjadi sekolah idola bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya. Mengambil hati masyarakat barulah salah satu strategi di antara berbagai langkah lainnya seperti mengenali kultur masyarakat, adaptasi dalam proses birokrasi, menanamkan kepercayaan masyarakat, menggalang dukungan dari dunia industri, mengamati kedalaman interest masyarakat terhadap dunia pendidikan, sosialisasi terkait keberadaan institusi dan yang tidak kalah penting adalah berbagai persiapan tehnis agar sekolah ini bisa menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan segala kelengkapan sarana prasarana dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Sosialisasi dan promosi dalam upaya menggalang peserta didik yang dilakukan sejak April 2022 ternyata belum menghasilkan angka yang signifikan dalam perolehan siswa dengan pencapaian awal sebanyak 34 peserta didik. Bisa dimengerti karena pada umumnya sekolah-sekolah swasta sudah mulai melakukan promosi sejak bulan Oktober atau Nopember berlalu. Keterlambatan promosi dan sosialisasi disebabkan oleh hal-hal prosedural yang terlebih dahulu harus dilalui. 

SMK Percik – KIIC memiliki berbagai keunggulan seperti penyusunan Kurikulum yang melibatkan dunia industri, Program Teaching Factory, Technopark, Training Centre dan tentunya dilengkapi fasilitas pembelajaran sesuai kebutuhan kompetensi masing-masing. Berbagai keunggulan tersebut pada akhirnya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pendidikan serta pembinaan bagi para siswa. Hal mana program-program tersebut bisa lebih mendekatkan tingkat ketrampilan siswa terhadap konsep link and match, dalam hal ini para lulusan benar-benar memiliki kemampuan yang sesuai kebutuhan dunia industri.

Perlu pula analisis yang komprehensif terkait karakter masyarakat Karawang dalam menyikapi proses pendidikan. Pasalnya cukup banyak prosesentase lulusan Sekolah Dasar yang tidak menanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama, pun lulusan Sekolah Menengah yang melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, khususnya SMK. Upaya keras yang harus dijaga dengan konsisten adalah kepercayaan masyakarat, setidaknya terhadap dua hal yaitu kualitas pendidikan dan keterjaminan memasuki dunia kerja bagi para lulusan.

LEAVE A REPLY