Beranda Edukasi SMK Musik Perguruan “Cikini” Totalitas Pembinaan Bermusik

SMK Musik Perguruan “Cikini” Totalitas Pembinaan Bermusik

2854
0
BERBAGI
SMK Musik Perguruan “Cikini” Totalitas Pembinaan Bermusik

Oasenews.com – Salah satu tugas pokok tugas lembaga pendidikan adalah mengembangkan potensi dari para siswa. Tidak terkecuali SMK Musik Perguruan “Cikini” (Percik). Sekolah yang berlokasi di Wilayah Duren Tiga Jakarta Selatan ini benar-benar berupaya membina para siswa dalam kemampuan bermain instrumen, sesuai pilihan masing-masing. Selain penguasaan instrumen para siswa juga dilatih untuk dapat bermain musik bersama-sama dalam format orkestra maupun ensemble.

Orkestra Percik menggelar event secara rutin dalam acara Konser Musik Cikini Klasika, Percik Extravaganza, Konser Kelas, Home Concert dan lain-lain. Program konser ditujukan guna memberikan pengalaman bermusik dengan konten yang lebih serius seperti halnya berbagai karya concerto, simfoni dan sejenisnya. Pengalaman bermusik diharapkan dapat memberikan wawasan sekaligus pematangan skill yang memadai agar para siswa memiliki daya saing yang tinggi. Penyelenggaraan konser bukan saja bersifat konser internal melainkan juga bekerjasama dengan berbagai institusi terkait seperti Kemendiknas, Suku Dinas Kebudayaan, Rumah Sakit Jakarta, PT Pertamina Persero, Beberapa mal serta pusat perbelanjaan dan lain-lain.  

Selain itu juga ada Wind Ensemble (WE) Percik yang mengakomodir para siswa dengan mayor instrumen tiup. Kelompok ini beranggotakan 17 siswa/i SMK Musik Percik dengan mayor flute, clarinet, trumpet, saxophone, trombone dilatih secara rutin oleh Bapak Fandi Prinanda. WE Percik didirikan satu tahun yang lalu dengan konsep penggarapan arransmen yang kreatif. Repertoire yang disajikanpun terdiri atas berbagai genre musik, mulai dari musik klasik, pop, jazz, reggae, lagu daerah, termasuk juga lagu anak-anak.

SMK Musik Perguruan Cikini

Meski baru berusia satu tahun namun WE Percik sudah intens tampil dalam berbagai event, baik event internal Percik maupun event lain dalam rangka memenuhi undangan pentas. Kapabelitas serta kekayaan timbre suara dalam alat-alat musik tiup melahirkan atmosfer musikal yang sangat menarik jika digarap dengan seksama. Itulah yang menjadikan WE Percik selalu tampil menawan dalam setiap pementasan yang dilakukan.

Kreatifitas bermusik lain yang tidak kalah menarik adalah Ansambel Gitar. Group yang diasuh oleh Bapak Ereza Gandhi Palit ini juga melebarkan repertoire dengan berbagai karya dari genre yang berbeda-beda, termasuk musik rock. Instrumen yang dipergunakan pun tidak semata menggunakan gitar standar, acapkali juga menggunakan bas untuk mendapatkan efek suara bawah yang memadai, demikianpun alat perkusi. Ansambel Gitar diharapkan menjadi cikal bakal kelak terbentuknya Percik Guitar Orchestra yang keanggotaannya tidak sekadar melibatkan para siswa, tetapi juga para alumni, bahkan terbuka untuk umum.  

SMK Musik Perguruan Cikini

Seperti halnya WE Percik, Ansambel Gitar juga seringkali mengadakan pentas, baik internal maupun melalui kerjasama dengan pihak eksternal.

Untuk musik vokal, Percik secara instens membina vocal group dan paduan suara. Jenis kegiatan ini berkali-kali membawa trophy juara dalam setiap perlombaan maupun festival yang diikuti., bukan saja tingkat propinsi, tetapi juga tingkat nasional, bahkan tingkat internasional. Tentu saja pembinaan musik vokal juga mempersiapkan para siswa mayor vokal menjadi seorang solish dengan kemampuan yang memadai.

Prestasi sekolah ini juga membuahkan kepercayaan dari pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud untuk mewakili Indonesia dalam berbagai event internasional, di antaranya Asean Indigenous Festival di Kamboja pada 2015 dan Asean Extravaganza di Kuala Lumpur Malaysia pada 2016.

Naah, bagi Anda para lulusan SMP yang memiliki bakat serta minat dalam bidang musik, kami persilakan untuk bergabung bersama kami, SMK Musik Perguruan “Cikini”, telp 021.7918.0234…Kami tunggu kehadiran Anda.

SMK Musik Perguruan CikiniAdi Putra, S.Pd, Kepala SMK Musik Perguruan “Cikini”

 

LEAVE A REPLY