Beranda Edukasi SMK Musik Percik Kembali Torehkan Prestasi di Kancah Musik Internasional

SMK Musik Percik Kembali Torehkan Prestasi di Kancah Musik Internasional

5140
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Siswa-siswi SMK Musik Perguruan Cikini kembali menorehkan prestasinya di kancah musik internasional, yakni World Orchestra Festival (WOF) pada 3 Agustus 2019. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil memboyong GOLD MEDAL mengalahkan 29 Negara seperti China, Swiss, dll.

World Orchestra Festival (WOF) merupakan Festival bergengsi yang diadakan setiap tahun di Viena, Austria, dengan melibatkan peserta dari berbagai negara di dunia.

Johanna Airin anak dari Bapak Yulius Sutiyanto merupakan salah satu siswi kelas XII di SMK Musik Perguruan Cikini, instrument Flute menjadi pilihannya untuk menjalani karir kelak di dunia musik profesional. Berawal dari seleksi yang cukup ketat dan perjuangan 2 tahun belajar flute di sekolah akhirnya Airin terpilih menjadi salah satu pemain dalam TRUST ORCHESTRA membawa nama Indonesia kemuka dunia.

Penampilan delegasi SMK Musik Percik di World Orchestra Festival (WOF).

Tak hanya Airin, ada juga Venka (Violin) David (Cello) dan Gandhi (Timpani) merupakan Alumni dan Mantan Siswa yang pernah mendapat pendidikan musik di SMK Musik Perguruan Cikini.

Mereka bersama TRUST ORCHESTRA selama 8 bulan berlatih untuk persiapan festival ini

“Saya senang dan bangga sekali karena bisa mengharumkan nama Indonesia ke negara lain,
Saya memang bukan dari keluarga yang kenal musik betul. Tapi dari SMK Musik Peguruan Cikini saya baru belajar betapa luas nya musik itu. saya kenal instrument flute dan instrument lainnya, mengetahui betapa indahnya orchestra. Dan sangat senang untuk bisa mewujudkan mimpi itu. Saya harap semoga kedepannya saya bisa menjadi semakin semangat untuk mengembangkan permainan musik saya,” tutur Airin.

Delegasi SMK Musik Percik di World Orchestra Festival (WOF).

Pada kompetisi tersebut para peserta juga mendapat workshop di Universität für Musik und Darstellende Kunst Wien (MDW).

Seperti banyak ketahui, SMK Musik Perguruan Cikini sering kali memenangkan festival baik di kancah Nasional, Regional maupun Internasional.

Adi Putra selaku kepala sekolah SMK Musik Perguruan Cikini Jakarta menuturkan kunci dari pola pendidikan SMK Musik Perguruan Cikini. “Sistem Pendidikan di sekolah kami berbeda dengan sekolah musik lainnya, dengan menerapkan sistem Boarding school maka pendidikan Hard Skill dan Soft Skill akan semakin terbentuk dengan baik, tak hanya kemampuan bermain musik secara praktik saja, justru yg tidak kalah pentingnya adalah pendidikan musik secara menyeluruh dari mulai wawasan, insting musikalitas serta pembentukan attitude sebagai seorang musisi profesional yg disiplin, konsisten, kreatif dan inovatif perlu dibentuk sejak dini, dengan itu maka siswa -siswi SMK Musik Perguruan Cikini sangat siap kelak terjun di dunia musik profesional baik kancah nasional, regional maupun internasional,” ujarnya.

Delegasi SMK Musik Percik di World Orchestra Festival (WOF).

LEAVE A REPLY