Beranda Daerah SMK 3 Perguruan Cikini Peduli Pencegahan Covid-19 Membuat Produk Hand Sanitizer

SMK 3 Perguruan Cikini Peduli Pencegahan Covid-19 Membuat Produk Hand Sanitizer

4977
0
BERBAGI

Pemerintah telah mengumumkan WNI positif terjangkit Covid-19 akibat virus corona yang awalnya 2 orang menjadi 4 orang WNI. Namun, kita sebagai masyarakat tidak perlu panik dengan tetap menjaga kesehatan tubuh serta rutin mencuci tangan.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air mengalir dan juga sabun pencuci tangan. Hanya saja jika memang tidak memungkinkan, hand sanitizer bisa menjadi jalan keluar.

Keberadaan hand sanitizer saat ini mulai sulit dicari di berbagai toko maupun apotik. Kalaupun masih tersedia, hand sanitizer dijual lebih mahal dari harga biasanya.

Hal ini mendorong siswa-siswi Jurusan Farmasi SMK 3 Perguruan “Cikini” untuk membuat produk hand sanitizer dalam rangka antisipasi pencegahan Covid-19 dan sulitnya mencari produk hand sanitizer di pasaran.

Formulasi hand sanitizer yang di buat oleh siswa-siswi Jurusan Farmasi SMK 3 Perguruan “Cikini” sesuai dengan formulasi yang disarankan oleh WHO yaitu formulasi berbasis alkohol. Formulasi yang digunakan yaitu alkohol 96%, hidrogen peroksida (H2O2) 3%, dan gliserol 98%.

Alkohol menjadi komponen aktif dalam formulasi tersebut. Hand sanitizer berbasis alkohol dikenal secara cepat dan efektif menonaktifkan beragam mikroorganisme yang berbahaya di tangan salah satunya virus korona.

Produk Hand sanitizer ini merupakan realisasi pembuatan produk pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Pada mata pelajaran ini diharapkan jiwa kewirausahaan dapat tumbuh pada diri siswa serta siswa pun di tuntut untuk dapat menghasilkan suatu produk kreatif dan inovatif yang berguna bagi masyarakat.

Dengan adanya produk hand sanitizer buatan siswa-siswi Jurusan SMK 3 Perguruan “Cikini”, diharapkan dapat mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan mempermudah warga sekolah di SMK 3 Perguruan “Cikini” yang kesulitan mencari produk hand sanitizer di pasaran. Produk hand sanitizer ini bisa diperoleh di “Apotek Percik Farma” SMK 3 Perguruan “Cikini” Jalan Srengseng Sawah No. 79, Jagakarsa, Jakarta Selatan.