Beranda Edukasi SMK 3 Perguruan “Cikini” Selenggarakan Wisuda Angkatan III

SMK 3 Perguruan “Cikini” Selenggarakan Wisuda Angkatan III

1749
0
BERBAGI
percik

Oasenews.com – Usia sekolah ini masih relatif masih muda, terbilang baru. Pada Sabtu, 20 Mei 2017 lalu, SMK 3 Perguruan “Cikini” (Percik) menyelenggarakan Wisuda dan Pengambilan Sumpah Lulusan Angkatan III, dengan kata lain sekolah yang terletak di bilangan Jalan Srengseh Sawah ini baru menyelenggarakan pendidikan memasuki tahun ke 5 (lima). Namun sejak awal berdiri Percik sudah mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat, khususnya untuk wilayah Jakarta Selatan. Ini terbukti dari perkembangan jumlah peserta didik yang saat ini mencapai 630 (enam ratus tiga puluh) siswa, terbagi ke dalam 5 kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Farmasi, Multi Media dan Audio Video (AV).

Acara Wisuda lulusan Tahun Ajaran 2016/ 2017 yang bertempat di Auditorium Prof. Dr. Ir. R. Roosseno, ISTN tersebut diikuti oleh sebanyak 199 siswa yang terdiri dari Kompetensi Keahlian Farmasi, TKR, TKJ dan dan Multimedia (Audio Video merupakan kompetensi keahlian baru), belum ada siswa yang mengikuti Ujian Akhir maupun Uji Kompetensi Keahlian .

Prosesi wisuda dimulai dengan kehadiran seorang cucuk lampah yang memandu seluruh wisudawan/ wati dengan stelan jas yang gagah bagi peserta pria, sementara wanita menggunakan kain serta kebaya. Wisuda juga dihadiri oleh tamu-tamu kehormatan antara lain Rektor Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), Perwakilan dari Persatuan Ahli Farmasi (PAFI), Koordinator Kementerian Agama, juga Perwakilan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Selain menampilkan para wisudawan/wati, acara prosesi wisuda juga menyertakan pemberian apresiasi kepada para siswa berprestasi seperti Para Juara Umum urutan 1 sampai dengan 3 pada setiap masing-masing kompetensi keahlian, peraih hasil UN tertinggi yang dicapai oleh Qatrunada Agneza Mahardika (XII Farmasi), juga siswa bernama Galuh (XII Farmasi) yang mendapatkan nilai UN matematika 100. Apresiasi juga diberikan kepada siswa dengan nilai Prakerin tertinggi.

Dalam sambutannya, Kepala SMK 3 Percik, Gito Suroso, S.Pd, M.Si berpesan kepada para wisudawan/wati bahwa kelulusan dari SMK baru merupakan titik awal dari perjuangan selanjutnya, baik bagi para lulusan yang akan memasuki dunia kerja maupun yang bermaksud melanjutkan ke perguruan tinggi. Karenanya para lulusan harus benar-benar menjaga komitmen serta terus mengembangkan kompetensi sesuai kemajuan jaman. Selain itu juga harus senantiasa menjaga nama baik almamater karena pada dasarnya setiap lulusan adalah merupakan duta Sekolah Percik di dalam masyarakat.  

Prosesi wisuda merupakan tahap akhir bagi para siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan. Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana pertanggungjawaban sekolah terhadap para lulusan dimaksud. Kami berupaya agar setiap lulusan benar-benar mampu beradaptasi dengan dunia industri sehingga para lulusan SMK 3 Percik kesemuanya terserap dalam dunia kerja dengan prestasi yang memadai, termasuk mereka yang bermaksud melanjutkan pendidikan harus dapat mencapai prestasi yang baik, demikian disampaikan oleh Setyowati, M.Pd, Wakil Kepala Sekolah yang sudah lebih dari 20 tahun mengabdi di Yayasan Perguruan “Cikini”.  (hp)