Beranda Edukasi SMK 3 Perguruan “Cikini” Ikuti Ujian Sekolah Online untuk Penentuan Kelulusan Siswa

SMK 3 Perguruan “Cikini” Ikuti Ujian Sekolah Online untuk Penentuan Kelulusan Siswa

3799
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Semakin meningkatnya penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) membuat pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 melalui surat edaran Nomor 4 tahun 2020. Salah satu kebijakannya yaitu tentang pelaksanaan Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan peserta didik. Berdasarkan surat edaran tersebut, Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat edaran tersebut.

SMK 3 Perguruan “Cikini” berada di wilayah Jakarta Selatan 1 (JS 1). Pelaksanaan Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan peserta didik di wilayah ini dilaksanakan dengan model online/daring (dalam jaringan), dimana peserta didik mengerjakan ujian secara online di rumah masing-masing dengan pengawasan orang tua/wali. Ujian menggunakan komputer/laptop/tablet/handphone dengan menggunakan koneksi internet. Pelaksanaan Ujian Sekolah dengan model online/daring yang dilaksanakan di rumah masing-masing ini baru pertama kali dilaksanakan, mengingat tidak diperbolehkannya ujian sekolah yang mengumpulkan siswa.

Ujin Sekolah online/daring ini dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 30 Maret s.d. 6 April 2020. Mata pelajaran yang diujikan yaitu Pendidikan Agama & Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, PPKN, Bahasa Inggris, Matematika, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Mapel Produktif kelompok C3, serta Muatan Lokal.

Dalam pelaksanaan ujian, peserta didik diwajibkan melakukan absensi setiap harinya dibuktikan dengan mengirim foto dengan menggunakan seragam sekolah kepada proktor/panitia. Peserta didik juga dilarang berkumpul dengan peserta lain saat ujian berlangsung. Peranan orangtua/wali dalam mengawasi putra/putrinya untuk mengikuti ujian merupakan salah satu faktor dalam keterlaksanaan berjalannya ujian.

Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama yang baik antara peserta didik, orang tua/wali peserta didik, serta pihak sekolah agar kegiatan ujian sekolah untuk menentukan kelulusan peserta didik ini dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY