Beranda Edukasi SMK 3 PERCIK : Kirim 57 lulusan ke Perguruan Tinggi Negeri

SMK 3 PERCIK : Kirim 57 lulusan ke Perguruan Tinggi Negeri

57
0
BERBAGI
SMK 3 Percik Srengseng Sawah

OASENEWS.com – Capaian apakah yang layak dinilai sebagai tolok ukur keberhasilan proses pendidikan? Salah satunya adalah prestasi pada lulusannya. Apa indikasinya? Salah satunya adalah seberapa banyak lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri. Rumus ini tidaklah baku karena banyak pula alumni SMA atau SMK yang memilih perguruan tinggi swasta sebagai jenjang pendidikan lanjut sebelum memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya perebutan tiket masuk ke perguruan tinggi negeri saat ini masih harus melalui kompetisi yang ketat. Artinya mereka yang memiliki kualifikasi akademik terbaiklah yang layak diterima.

Tetap semangat meski harus 6 bulan PJJ

SMK 3 Perguruan Cikini (Percik) telah membuktikan prestasi ini melalui para lulusan 2020/ 2021 yang menempatkan 57 (lima puluh tujuh) atau setara dengan 19 persen dari total lulusan sejumlah 300 an siswa. Mereka tersebar ke berbagai perguruan tinggi negeri yaitu Politeknik Kementerian Kesehatan Jakarta 2 (3 orang),  Universitas Islam Nasional Syarif Hidayatullah (5 orang), Politeknik Kementerian Kesehatan Jakarta 1 (1 orang), Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (29 orang), Politeknik Negeri Jakarta (10 orang), Politeknis Akademi Pimpinan Perusahaan (3 orang), Universitas Terbuka (3 orang), Universitas Jendral Sudirman (1 orang), UPN Veteran Jawa Timur (1 orang) dan Politeknis Negeri Madiun (1 orang). Jumlah paling banyak adalah Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (29 orang) disusul Politeknik Negeri Jakarta (10 orang).

Tetap semangat meski harus 6 bulan PJJ

Untuk jenis sekolah berkarakter SMK, reputasi di atas sangatkah layak untuk mendapatkan apresiasi. Pasalnya para lulusan SMK lebih banyak yang berminat untuk memasuki dunia kerja seusai mengikuti pendidikan SMK selama 3 (tiga) tahun. Memang paradigma ini perlahan mulai bergeser dan saat ini cukup banyak siswa SMK yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kami memberi pilihan kepada para siswa, apakah mereka ingin bekerja ataukah melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Bagi mereka yang berminat bekerja setelah lulus dipersilakan untuk memaksimalkan prestasi saat mengikuti aktifitas yang berhubungan dengan dunia usaha dan dunia industri seperti magang atau praktek kerja lapangan, dengan harapan memperoleh pengalaman kerja yang maksimal sehingga memiliki ketrampilan yang memadai. Sementara bagi mereka yang berminat melanjutkan ke perguruan tinggi kami memberikan penekanan yang proporsional untuk pendalaman materi akademis. Saat ini SMK 3 Percik memiliki tidak kurang dari 1.140 siswa yang tersebar dari 5 disiplin ilmu yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) serta Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Saat ini kami baru bisa mencapai prestasi dalam kisaran 19 persen, untuk waktu ke depan kami akan mengejar target 40 persen para lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri, demikian Gito Suroso, M.Si, Kepala SMK 3 Percik.

LEAVE A REPLY