Beranda Edukasi SMK 3 Percik: Berharap Hadirnya Politeknik? Mengapa Tidak

SMK 3 Percik: Berharap Hadirnya Politeknik? Mengapa Tidak

3725
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Delapan tahun SMK 3 Perguruan Cikini berkiprah, cukup untuk membuktikan penilaian masyarakat terhadap sepak terjang sekolah ini dalam melayani masyarakat di wilayah Srengseng Sawah, Depok dan sekitarnya. Pasalnya perkembangan dari waktu ke waktu menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terus bertambah seiring perkembangan jumlah murid yang kini mencapai angka di atas 1.000 (seribu) orang. Hadir dengan 5 (lima) Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Farmasi Klinis Komunitas (FKK) dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, selain menjaga kualitas pendidikan, sekolah ini juga intens menjalin kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) baik sekadar untuk kepentingan tempat dan sarana praktek para siswa ataupun sebagai upaya untuk menyalurkan para siswa guna mendapatkan pekerjaan.

Kepercayaan masyarakat yang dibuktikan dengan animo dalam setiap Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu, membuat sekolah ini semakin percaya diri dalam mengembangkan kompetensi keahlian. Tentu saja semua dilakukan dengan analisis yang cermat dalam membaca kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat industri yang secara langsung bersentuhan eksistensi sekolah ini.

Apakah perkembangan positif dengan kemajuan yang pesat ini akan menginspirasi Percik untuk mengembangkan pendidikan dalam bidang vokasi seperti halnya mendirikan politeknik? Barangkali tidak menutup kemungkinan untuk hal ini bisa terlaksana, mengingat hal ini adalah sesuatu yang sifatnya strategis dan juga tepat guna serta membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas.   Pendidikan vokasi kini menjadi alternatif pilihan yang banyak diminati masyarakat. Jenis pendidikan ini memang cenderung lebih menjanjikan masa depan yang lebih jelas. Kini penyelenggaraan pendidikan vokasi semakin banyak bertebaran dengan karakter masing-masing. Hal ini pun sejalan dengan kebijakan pemerintah yang sejak lama diterapkan dengan memperbanyak SMK serta memperluas spectrum keahliannya, dan juga mendorong berdirinya politeknik serta pendidikan vokasi lainnya. Keuntungan ganda yang diperoleh adalah para lulusan sekolah ini mendapatkan melanjutkan pendidikan dengan kualitas institusi yang sudah mereka kenal sebelumnya.

LEAVE A REPLY