Beranda Edukasi SMK 1 Perguruan “Cikini” Plumpang: Lebih Dari Sekadar 8 Standar Pendidikan

SMK 1 Perguruan “Cikini” Plumpang: Lebih Dari Sekadar 8 Standar Pendidikan

5009
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Penerapan 8 (delapan) standar pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengontrol serta mengarahkan pola pengelolaan sebuah institusi pendidikan secara umum. Ke delapan standar pendidikan yaitu : Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian, kesemunya harus berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku dengan segenap turunan maupun berbagai suplemen pendukung yang telah ditentukan.

Proses penilaian secara keseluruhan atas penerapan 8 (delapan) standar pendidikan dimaksud dilakukan dengan penyelenggaraan akreditasi yang diadakan setiap 5 (lima) tahun, diperkuat juga dengan agenda tahunan Penilaian Budaya Mutu Sekolah. Para institusi pendidikan begitu sibuk bersiap manakala menghadapi kedua momentum di atas. Pasalnya hasil dari kedua bentuk penilaian di atas akan menentukan sejauh mana prestige akademik sekolah dimaksud.

SMK 1 Perguruan “Cikini” (Percik) Plumpang bahkan sudah berfikir dan bertindak lebih dari sekadar proses akreditasi maupun penilaian budaya sekolah. Sebagai sekolah swasta SMK 1 Percik menyadari benar betapa pentingnya tiga hal mendasar yang membuat sekolah ini bisa terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yaitu kualitas yang handal, layanan yang baik serta promosi/ sosialisasi yang memadai. Terkait dengan peningkatan kualitas sekolah SMK Percik selain melakukan penilaian dengan proses akreditasi, juga memiliki sertifikat ISO, standar penilaian yang lazim digunakan dalam dunia usaha, dunia industri dan hingga saat ini masih sedikit dimiliki oleh institusi pendidikan setingkat SMK. Lain dari itu Performa SMK 1 Percik juga tampil semakin gagah dan elegan, tentu dilengkapi dengan sarana prasarana praktek yang memadai, sesuai jurusan masing-masing. Sekolah ini juga merupakan satu-satunya sekolah swasta di Jakarta yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengikuti program Revitalisasi yang merupakan langkah antusias dari pemerintah untuk membenahi pola pendidikan SMK dengan peningkatan kulaitas yang signifikan. Sejauh ini ke tujuh jurusan yang ada di SMK 1 Percik Plumpang yaitu Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Audio Video, Tenik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer Jaringan dan Multi Media, kesemuanya mendapatkan nilai A.

Selanjutnya pelayanan yang baik juga diberikan kepada para siswa, bukan saja pada saat mengikuti pendidikan, namun pada saat mereka lulus dari sekolah pun mendapatkan perhatian yang memadai. Setiap tahun para lulusan sekolah ini bisa memilih melanjutkan pendidikan atau bekerja sesuai bidang masing-masing. Lahan pekerjaan pun tidak terbatas pada peluang kerja di dalam negeri, tetapi juga keluar negeri. Salah satunya adalah kerjasama dengan beberapa perusahaan di Jepang, Malaysia dan lain-lain sehingga sekolah ini memiliki agenda tahunan memberangkatkan puluhan lulusannya ke luar negeri. Kini tidak dari 1.183 (Seribu Seratus Delapan Puluh Tiga Ribu) siswa menggali ilmu sebagai calon teknokrat di sekolah yang berada di wilayah Jalan Alur Laut – Plumpang Tanjung Priok ini.

LEAVE A REPLY