Beranda Edukasi SMK 1 Percik: PPDB Door To Door Dalam Masa-Masa Covid 19

SMK 1 Percik: PPDB Door To Door Dalam Masa-Masa Covid 19

3570
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, menjelang Tahun Ajaran Baru yang berlangsung bulan Juli 2020, Warga SMK 1 Perguruan “Cikini” (Percik) disibukkan dengan agenda rutin Penerimaan Peserta Didik Baru. Ini adalah aktifitas pertama seluruh warga sekolah sebelum mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti Kurikulum, RPP, Presensi Kehadiran, Lembar Penilaian, Rencana Kerja dan lain-lain. Sekolah yang terletak di kawasan Plumpang Jakarta Utara ini memang mendapat kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat. Terbukti sekolah ini setiap tahun mewisuda lebih dari 400 siswa dari total jumlah siswa yang lebih dari 1.200 (Seribu Dua Ratus) orang. Setiap tahun pula tidak kurang dari 500 (Lima Ratus) calon siswa mendaftar dari sekolah ini dari 450 siswa baru yang ditargetkan.

Agak berbeda dengan tahun ini, di mana hampir seluruh dunia sedang terjangkit wabah covid 19 dengan coronanya. Pandemi Covid 19 hadir dengan fenomena yang kurang menyukakan seluruh umat manusia. Sendi-sendi kehidupan banyak terganggu karenanya, tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Proses pembelajaran daring merupakan salah satu hal yang harus dijalani meski kondisi guru maupun siswa belum siap. Bukan hanya proses pembelajaran, agenda lainnyapun dilakukan tanpa melalui tatap muka seperti halnya rapat, laporan-laporan, penilaian/ evaluasi, termasuk di dalamnya pembagian rapot. Covid 19 juga telah melahirkan kultur serta peradaban baru bagi para pelaku pendidikan.

Efek yang cukup signifikan adalah adalah kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang kali ini menggunakan sistem on line, baik dalam proses pendaftaran, ujian tes masuk sekolah serta pengumuman penerimaan siswa baru. Sayangnya belum semua calon siswa bisa beradaptasi dengan cara baru ini. Salah satu pangkal persoalan adalah sebagian masyarakat masih gagap teknologi (gaptek). Maka untuk bisa mencapai target jumlah siswa PPDB dilakukan dengan mengerahkan berbagai cara. Selain mengencangkan promosi on line juga mengerahkan seluruh stake holder bersama-sama mencari peserta didik baru. Salah satunya adalah dengan membuka akses calon siswa serta melakukan promosi dan penawaran “door to door”. Seluruh warga sekolah wajib melakukan hal ini, mengakses segenap kerabat serta kenalan yang sekarang duduk di kelas 3 SMP, seraya mengajak untuk mendaftar ke SMK Percik Plumpang sesuai pilihan Kompetensi Keahlian masing-masing.

Animo masyarakat terhadap SMK Percik terbilang cukup tinggi. Pasalnya sekolah ini memberikan pelayanan yang memuaskan serta kualitas yang baik. Belajar dalam lingkungan yang asri di atas lahan seluas 2,5 Ha dengan pepohonan rindang memberikan kenyamanan belajar tersendiri. Tentu saja kelengkapan sarana baik untuk pelajaran teori maupun praktek tersedia dengan lengkap. Sekolah ini juga merupakan satu di antara beberapa sekolah swasta yang ditunjuk sebagai peserta Program Revitalisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebuah program yang mempersiapkan SMK bisa menghasilkan lulusan dengan kualifikasi handal dan siap pakai.

Bisa dibilang seluruh lulusan sekolah ini memiliki prospek yang baik. Sekolah menjalin kerjasama dengan berbagai industri di dalam maupun luar negeri seperti Jepang, Malaysia, juga Singapore untuk menyalurkan para lulusan yang berminat memasuki dunia kerja. Demikian pun berbagai perusahaan di dalam negeri termasuk beberapa industri otomotif terkemuka.

Meski harus beradaptasi dengan kehadiran Covid 19, kami yakin dengan upaya yang sungguh-sungguh, kami bisa mencapai target siswa baru sebanyak 450 siswa, demikian Rifat, M.Pd Kepala SMK 1 Percik Plumpang Jakarta Utara.

LEAVE A REPLY