Beranda Edukasi SMK 1 Percik: Menabur Rasa Empati Bagi Sesama Manusia

SMK 1 Percik: Menabur Rasa Empati Bagi Sesama Manusia

96
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Substansi utama proses pendidikan dalam sebuah sekolah bukanlah bukanlah semata hal-hal bersifat akademis yang identik dengan berbagai disiplin ilmu dan sejenisnya. Tidak kalah penting dari itu adalah pendidikan rohani melalui pendalaman spiritual, pendidikan karakter melalui berbagai pembiasaan ataupun pembinaan, di antaranya adalah pembinaan rasa empati kepada sesama umat manusia, utamanya mereka yang sedang dalam posisi kesulitan, termasuk saudara kita yang sedang tertimpa musibah.

Proses pembelajaran seperti ini diterapkan secara rutin di SMK 1 Perguruan “Cikini”, sebagaimana kegiatan para siswa yang dilakukan pada 28 September 2019 lalu. Para siswa yang diwakili oleh MPK (Majelis Perwakilan Kelas) yang berjumah 20 orang mengadakan agenda Bakti Sosial dengan mendatangi warga di Jalan Kemuning Rw 01 Kelurahan Rawa Bunga Jatinegara Jakarta Timur yang baru saja tertimpa musibah kebakaran. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu para korban kebakaran dengan berbagai bantuan dalam bentuk pakaian bekas layak pakai, peralatan bayi, peralatan mandi, alat tulis, seragam sekolah, susu serta makanan dan suplemen untuk anak-anak. Tujuannya adalah menumbuhkan rasa empati bagi para siswa terhadap sesama manusia, utamanya mereka yang memerlukan pertolongan.

Kegiatan serupa ini menjadi agenda rutin bagi segenap warga SMK 1 Plumpang, dengan aktifitas yang sesuai kondisi seperti halnya mendatangi panti asuhan, membantu korban bencana alam, mengadakan sunatan masal dan berbagai kegiatan sejenis lainnya. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat membiasakan para siswa memiliki rasa tanggap, spontan dan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi sosial masyarakat disekitarnya, demikian Rifat M.Pd, Kepala SMK Percik Plumpang.

LEAVE A REPLY