Beranda Headline SMA Perguruan Cikini (Percik) Dari Masa Ke Masa

SMA Perguruan Cikini (Percik) Dari Masa Ke Masa

4297
0
BERBAGI

Perguruan Cikini mempunyai sejarah panjang selama berdiri. Sejarah panjang ini dimulai dari era zaman penjajahan Jepang pada era 1940-an. Upaya memberikan pendidikan kepada pribumi, membuat Pandu Suradhiningrat menginisiasi berdirinya perguruan ini.

Pandu Suradhiningrat adalah seorang ibu yang memiliki kepekaan tinggi terhadap dunia pendidikan dimasa tahun 40-an, melihat kondisi penguasa pendudukan Jepang yang menutup semua sekolah pada zaman tersebut.

Dia memprakarsai melaksanakan usaha pendidikan anak-anak dengan membuka kursus bahasa Indonesia. Dengan dibantu seorang guru yaitu ibu Mien Soemadji, usaha itu dapat berjalan di rumah almarhum Dr. Rasyid, Jl. Neuwelaan (kini Kramat VIII) Jakarta. Pada awal berdirinya jumlah murid hanya 12 orang.

Mengingat jumlah murid terus bertambah sedangkan tempat belajar tidak mencukupi, maka tempat kursus ini dipindahkan ke Sekolah Rakyat di Jalan Kemolong (Kramat IV).

Dengan jumlah murid semakin bertambah mengakibatkan kursus berubah fungsi menjadi Sekolah Rakyat. Hingga akhirnya, 1 Agustus 1942, SD Perguruan Cikini berdiri dengan nama  Sekolah Rakyat Partikelir ”Mayumi”, yang berarti anak panah.

Tujuan adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak pribumi untuk dapat mengenyam pendidikan berdasarkan rasa nasionalisme, netral terhadap agama dan politik.

Pada tanggal 1 Nopember 1942 sekolah Mayumi dipindahkan ke Jalan Cikini Raya No. 76 secara resmi dengan 200 orang murid, pada 27 September 1952 Badan Wakaf ”Mayumi” berganti nama menjadi Yayasan Perguruan ”Cikini” dengan akte notaris Mr. R Suwandi tertanggal 27 September 1952 No. 37

Setelah Mayumi berdiri dan berjalan dengan baik, mulai terpikir untuk menampung lulusan Mayumi pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penyelenggaraan SMP mulai dilakukan dengan membuka kelas percobaan dipimpin oleh Bapak Soemadji dan Bapak M.Amin.

Dimasa itu masyarakat jarang berminat untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dari Sekolah Rakyat. Hal ini mengakibatkan jumlah siswa SMP sangat terbatas.

Murid pertama SMP hanya dua orang yaitu Bapak M. Arief Nazir dan Ibu Widjajanti yang tak ragu-ragu untuk menimba ilmu sekalipun SMP belum memiliki fasilitas yang memadai.

Pada waktu itu mereka belajar di bawah pohon sawo Seiring waktu Yayasan Perguruan ”Cikini” terus berkembang sesuai dengan cita-cita dan melebarkan sayapnya bagi masyarakat luas.

Setelah berdiri TK, SD, SMP I dan SMP II maka Yayasan bermaksud untuk membentuk wadah pendidikan yang dapat menampung lulusan SMP. Maka pada tanggal 1 September 1959 SMA mulai berdiri dengan Kepala Sekolah pertama kali adalah Bapak Boediman dan Wakilnya Bapak Afifudin Sultani.

Karena perkembangan Yayasan Perguruan ”Cikini” yang sangat pesat terutama di Jalan Cikini Raya maka sejak tahun 1986 SMA mulai berdikari dan pindah lokasi ke jalan PLN Duren Tiga Jakarta Selatan.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengembangkan sarana dan prasarana SMA sehingga kualitas maupun kuantitas dari komponen SMA dapat terus ditingkatkan.

Ditahun itu yang menjabat sebagai Kepala Sekolah adalah Bapak Afifudin Sultani dengan didampingi Bapak Puger sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan ibu Suseno sebagai wakil kepala sekolah bidang administrasi.

Pada tahun 1997 Bapak Drs. Karnadi diangkat menjadi Kepala Sekolah menggantikan Bapak Afifudin yang telah memasuki masa pensiun.

Pada tahun 1999 pimpinan SMA berganti kepercayaan diberikan kepada Bapak Gito Suroso, S.Pd dengan didampingi Bapak Drs. Didi Soewandi sebagai wakil bidang kurikulum dan Bapak Drs. Amari sebagai wakil bidang kesiswaan

Ditengah perjalanannya Bapak Drs. Didi Soewandi diangkat menjadi Kepala Sekolah SMP maka jabatan wakil bidang kurikulum dijabat oleh Ibu Dra. S. Anda Minarni, setelah berjalan 5 tahun yaitu tahun 2004

Kepala Sekolah berikutnya dijabat oleh Ibu Dra. Diah Kusumadewi,MM 2004-2005 dengan wakil bidang kurikulumnya Bapak H.Agus Trijoko,S.Pd sedangkan wakil bidang kesiswaan Ibu Dra. Sulisita Prasiwi.

Tahun 2005 kepala sekolah berikutnya adalah Ibu Dra. Sulisita Prasiwi yang menjabat sebagai Kepala Sekolah dari tahun 2005-2009 dibantu oleh Bapak H.Agus Trijoko,S.Pd sebagai waka bidang kurikulum dan Bapak Drs. Shabir Tuhulele sebagai waka bidang kesiswaan.

Tahun 2009 regenerasi kepemimpinan SMA berjalan dimana kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Sarmawijaya.S.Pd, Wakil bidang kurikulum adalah bapak Drs. Amari, dan Wakil bidang kesiswaan adalah Ibu Dra. Hj. Indrawati masa bakti 1 Agustus 2009 s.d 31 Juni 2012

Mulai tanggal 1 Juli 2012 Yayasan Perguruan “Cikini” mengadakan pergantian pucuk pimpinan SMA Perguruan “Cikini” dengan kepala Sekolah Bapak Mustangin, S.Pd, Wakil Bidang Kurikulum Bapak H. Agus Trijoko, S.Pd dan Wakil Bidang Kesiswaan Ibu Zunita Farida, S.Pd dan akan berakhir pada tanggal 31 Juni 2015.

Selama 2 tahun Bapak Mustangin, S.Pd menjabat Kepala Sekolah, Beliau dipindah tugaskan kembali ke SMP Perguruan “Cikini”.

Yayasan Perguruan “Cikini” menguaskan Bapak Drs. H. Farid Syamsul Bachri sebagai Kepala Sekolah untuk masa bakti 2015-2019 sedangkan wakil kepala sekolah tidak berubah untuk jangka waktu 1 tahun kedepan

Memasuki tahun ajaran baru 2015-2016. tepatnya mulai tanggal, 1 Juli 2015 wakil kepala sekolah mengalami perubahan dimana Bapak Sarmawijaya, S.Pd menjabat sebagai Wakil Bidang Kurikulum dan Bapak Drs. Shabir Tuhulele menjabat sebagai Wakil Bidang Kesiswaan untuk masa bakti 2016-2018.

Pada tahun pelajaran 2016-2017 struktur organisasi SMA Perguruan “Cikini” mengalami perubahan kembali terutama pada wakil kepala sekolah yaitu Drs. Amari menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Sarmawijaya menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan untuk masa bakti 2016-2018

Perguruan Cikini mempunyai visi:

Mewujudkan Generasi yang Inovatif, Kreatif, Cerdas, Berprestasi dan Berakhlak Mulia dalam Mempertahankan Seni Budaya Lokal, serta mampu Bersaing di Era Globalisasi melalui Peningkatan Penguasaan terhadap Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni pada Jenjang Pendidikan yang lebih tinggi

Perguruan Cikini Mempunyai Misi

Mengembangkan budaya mutu yang didasari oleh nilai-nilai keimanan, ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Melaksanakan pembelajaran dengan azas keseimbangan Rohani dan Jasmani

Melaksanakan semangat keunggulan dan berprestasi dalam akademik maupun non akademik

Melaksanakan pelayanan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan potensi siswa secara efektif dan efisien

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan cara yang beragam, dengan didukung sarana yang memadai

Melaksanakan peningkatan kualitas SDM, warga sekolah yang mengikuti perkembangan

Melaksanakan program pengajaran bahasa Asing

Menumbuhkan jiwa kreatif, inovatiof, cerdas dan terampil sesuai dengan bakat dan minat siswa

Menumbuhkan kepekaan, kepedulian, serta hubungan yang harmonis antar warga sekolah

Melaksanakan peningkatan kesejahteraan tetangga pendidik dan tenaga kependidikan

Menanamkan kedisiplinan melalui budaya bersih, budaya tertib dan budaya kerja

Perguruan Cikini Bertujuan

Memberikan dasar serta nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Menerapkan budi pekerti yang luhur akhlakul karimah dalam kehidupan bermasyarakat

Meningkatkan standar kelulusan dan keberhasilan dalam setiap kegiatan baik akademik maupun non akademik

Mengembangkan bakat, minat dan kreativitas siswa

Menyelenggarakan pendidikan yang demokratis, innovative dan kreativ

LEAVE A REPLY