Beranda Edukasi SMA 2 Perguruan Cikini: Kekuatan Unit Baru di Tengah Pandemi Covid 19

SMA 2 Perguruan Cikini: Kekuatan Unit Baru di Tengah Pandemi Covid 19

3663
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Komitmen serta antusiasme yang tinggi akan mampu melawan segala bentuk tantangan dalam mewujudkan cita luhur. Seperti halnya yang dilakukan oleh Yayasan Perguruan “Cikini” (YPC). Saat para institusi pendidikan begitu riuh rendah melakukan proses adaptasi pembelajaran terkait dengan berbagai aturan protokoler dalam masa transisi menghadapi era new normal, YPC justru mendirikan unit baru Sekolah Menengah Atas, SMA (2) Perguruan “Cikini”. Tak pelak sejumlah tantanganpun hadir menyertai lahirnya sekolah yang berada di kawasan Srengseng Sawah ini. Dapat dibayangkan, sebagai institusi baru, harus memperkenalkan diri kepada masyarakat di saat proses sosialisasi maupun promosi tidak bisa dikerjakan secara maksimal karena protokoler pandemi covid yang mengharuskan adanya social distancing dengan tidak  mentoleransi adanya sesi-sesi tatap muka.

Namun demikian, atas rahmat Allah SWT, Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kini masyarakat Srengseng Sawah, Depok dan sekitarnya sudah bisa mengenyam pendidikan di sekolah yang lokasinya bersamaan dengan SMK 3 Perguruan “Cikini” itu. Dalam keterbatasan promosi dan sosialisasi, Tahun Ajaran 2020/ 2021 ini sebanyak 79 siswa bergabung bersama SMA (2) Percik. 39 siswa di antaranya adalah Jurusan IPA, selebihnya 40 orang merupakan siswa Jurusan IPS. Kami sangat besyukur atas kepercayaan masyarakat, setidaknya para orangtua siswa yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di sekolah kami, demikian Dewi Mariyana, S.Pd, Kepala SMA (2) Percik. Insya Allah kami akan memegang amanat masyarakat dengan memberikan pendidikan dengan pola-pola yang selama ini diterapkan oleh Percik, sebagaimana dilakukan oleh unit-unit lain para pendahulu kami, demikian paparnya.

Dewi Mariyana, S. Pd Kepala SMA (2) Percik

Sekretaris Eksekutif YPC, Gito Suroso, M.Si menyatakan kepercayaan masyarakat terhadap Percik telah mendorongnya untuk menggagas berbagai pengembangan unit baru di lingkungan Percik. Sebelumnya di lokasi yang sama sejak 2012 telah berdiri SMK Percik yang kini memiliki lebih dari 1.000 (seribu) siswa. Kami meyakini dalam waktu kedepan SMA (2) Percik akan berkembang besar seiring kepercayaan masyarakat yang terus bertumbuh selama ini, demikian paparnya.

Saat ini Direktorat Dikdasmen Percik mengelola 8 (delapan) Unit Pendidikan yaitu TK, SD, SMP, SMA (1), SMA (2), SMK 1, SMK 2 (Musik) dan SMK 3. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu ke depan akan ada unit baru di lingkungan Yayasan Perguruan “Cikini” seperti halnya politeknik maupun pendidikan vokasi sejenis dalam upaya mengembangkan missi pendidikan bagi masyarakat luas, demikian Gito Suroso.

 

 

 

LEAVE A REPLY