Beranda Headline Sinyal Eksistensi; Boki Ratu Nita Budhi Susanti Melantik Kapita Bubula Rua

Sinyal Eksistensi; Boki Ratu Nita Budhi Susanti Melantik Kapita Bubula Rua

114
0
BERBAGI

Foto: suasana pelantikan Kapita Babula Rua

Oase.Ternate-Ternate,- Boki Nita kembali melantik beberapa perangkat adat Kesultanan Ternate setelah sebulan sebelumnya melantik 6 perangkat adat lainnya di Kadato Ici, Kelurahan Bula, Ternate.

Boki Ratu Nita Budhi Susanti melantik perangkat adat Kesultanan Ternate guna kembali memperkuat eksistensinya di Ternate. Senin, (19/2).

Sejatinya hari ini akan ada 5 petinggi adat yang akan dilantik, namun karena beberapa hal 4 pejabat tinggi adat Kesultanan Ternate berhalangan hadir.

Kepada SentraTulilamo Kesultanan Ternate, Ilyas Bayau, menyampaikan bahwa pelantikan pejabat adat Kesultanan Ternate saat ini adalah Kapita Bubula Rua. Kapita ini diangkat berdasarkan usulan dari masyarakat adat.

“Agenda hari ini adalah pengangkatan Jumati Kasim sebagai Kapita Bubula Rua. Kapita Bubula Rua ini merupakan usulan dari kita punya masyarakat sendiri,” jelasnya.

Ilyas melanjutkan, tugas Kapita Bubula Rua ini adalah sebagai panjang tangan Kesultanan guna memperbantukan kerja-kerja adat di Soa.

Dengan demikian, lanjut Ilyas penambahan perangkat adat Kapita Bubula Rua dapat memperkuat esksistensi yang didasari pada kepedulian melaksanakan amanah Kolano yang termuat dalam surat wasiat.

“Pada dasarnya semua adalah kepedulian. Kepedulian untuk melaksanakan amanah Kolano yang termuat dalam surat wasiat,” terangnya.

“Kapita Bubula Rua ini merupakan panjang tanganan Kesultanan di Soa. Membantu kerja serta terobosan fanyira atau Kapita Soa dan kemudian melaporkannya ke Kesultanan,” tutupnya.

Editor: Haerun

Reporter :Gun

LEAVE A REPLY