Beranda Edukasi Serba Serbi 80 Tahun Yayasan Perguruan “Cikini”

Serba Serbi 80 Tahun Yayasan Perguruan “Cikini”

146
0
BERBAGI
pemotongan tumpeng oleh Sekum YPC Dr. Setiawan Nazir, M. Kes

OASENEWS.com – Terbilang sedikit saja institusi pendidikan di Indonesia yang saat ini sudah membuktikan kiprahnya selama 8 (delapan) dasa warsa. Yasayan Perguruan “Cikini” adalah salah satunya. Terlahir dengan nama “Mayumi” ber-iconkan gendewa merentangkan anak panah, melambangkan institusi ini siap melepaskan para siswa untuk terbang melambung tinggi menggapai cita mulia. Ini bukanlah slogan semata, sederet nama-nama public figure dalam berbagai lini kehidupan merupakan lulusan dari sekolah ini, tidak terkecuali Megawati Seokarno Putri, mantan Presiden Republik Indonesia, pun tokoh-tokoh lainnya. Sekolah yang memiliki 4 (empat) kampus berada di Cikini, Plumpang, Durentiga dan Srengseng Sawah ini sangat menerapkan prinsip yang begitu terbuka dalam pengembangan talenta para siswa. Tak hendak mengungkung para siswa dalam ranah akademis, institusi ini juga senantiasa mendorong bahkan mengakomodir para siswanya untuk mengembangkan bakat dan potensi sesuai passion masing-masing. Tidak heran kalau banyak talenta yang lahir dari sekolah ini seperti Chrisye, Nasution Bersaudara (Debby, Keenan dan Oding), Para Anggota Group Slank, Harry Sabar, Guruh Soekarno Putra, Indra Lesmana serta sederet nama-nama lainnya. Sekolah ini juga memiliki kelompok orkestra pelajar/ mahasiswa yang tangguh, meski 2 (dua) tahun terakhir harus sejenak beristirahat dalam penyelenggaraan konser besar, karena kehadiran wabah pandemi covid 19 dan harus rela mengubah tata cara konser dalam format virtual. Sudah barang tentu kesemuanya tidak mengesampingkan pembinaan akademik sebagai visi dan misi utama sebuah institusi pendidikan.

Sejenak berkumpul untuk mengucap rasa syukur atas rahmat serta karunia Nya

Yayasan Perguruan “Cikini” saat ini memiliki 9 unit (sembilan) pendidikan yaitu TK, SD, SMP yang beralamat di Kampus Cikini, SMK 1 yang berkampus di Plumpang, Tanjung Priok, SMA 1 dan SMK 2 (Musik) yang berkampus di Durentiga – Kalibata, SMK 3 dan SMA 2 yang berlokasi di Srengseng Sawah Jakarta Selatan, sedang unit ke 9 adalah SMK Perguruan “Cikini” – KIIC yang berlokasi di Karawang Barat. Unit ini berdiri atas kerjasama Yayasan Perguruan “Cikini” dengan Karawang International Industrial City, Kawasan Industri yang kini dihuni tidak kurang dari 170 (Seratus Tujuh Puluh) pelaku industri kaliber internasional. Kolaborasi ini diharapkan mewujudkan pendidikan SMK yang ideal dengan memadukan 2 (dua) kekuatan yaitu institusi pendidikan dan dunia industri. Kerjasama dilakukan bukanlah sekadar urusan Praktek Kerja Lapangan (PKL) para siswa, namun juga mencakup penyusunan kurikulum, teaching factory, training centre, Techno park, keberadaan guru tamu dari dunia industri, sampai dengan rekruitmen tenaga kerja. Proses pendidikan yang melibatkan dua institusi dengan latar belakang yang saling melengkapi ini diharapkan dapat mengatasi problem mendasar yang terjadi pada para lulusan SMK yaitu link and match yang terputus lantaran tidak nyambungnya kondisi sekolah dengan tuntutan perubahan dalam dunia industri yang terjadi dengan percepatan begitu tinggi. Hal mana gagalnya kesinambungan link and match telah menyebabkan lulusan SMK merupakan penyumbang pengangguran dengan angka yang cukup tinggi di Indonesia, lebih dari 11 (sebelas) persen.

Para Angkatan Senior.. Menyempatkan ikut serta dalam upacara HUT Percik ke 80

Kiranya keberadaan SMK di KIIC ini merupakan kado istimewa bagi Yayasan Perguruan “Cikini” dalam ulang tahun ke 80 (delapan puluh) yang baru saja dirayakan dengan sorak sorai kegembiraan oleh segenap Keluarga Besar Percik, meski dalam kesederhaan dan kewaspadaan yang tinggi karena situasi yang belum sepenuhnya terbebaskan dari virus covid.

Kehadiran Food Truck atas inisiatif POM SD.. Turut serta memeriahkan hari jadi YPC ke 80

Selamat Ulang Tahun Yayasan Perguruan “Cikini”, teruslah mengabdi tanpa kata lelah, negara membutuhkan komitmen dan konsitensimu dalam mempersiapkan putra putri Indonesia yang cerdas, trampil dan mandiri. Salam hormat kami… 

LEAVE A REPLY