Beranda Edukasi SD PERCIK: Menebar Empati, Cara Eksklusif Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

SD PERCIK: Menebar Empati, Cara Eksklusif Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

3666
0
BERBAGI
SD PERCIK: Menebar Empati, Cara Eksklusif Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

OASENEWS.com – Manakala hadir saatnya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, berbondong-bondong para muslimin/ muslimat mememuhi masjid-masjid, surau-surau juga berbagai acara tabliq akbar. Seraya menyimak khotbah, para umat dengan khusyu melantunkan alunan Sholawat Nabi yang menggetarkan hati. Tentu saja hal tersebut sangat membangkitkan gairah kehidupan spiritual, khususnya bagi para jamaah. Namun sejatinya ada hal yang tidak kalah penting dari seremonial stereotif sebagaimana tersebut di atas, yaitu bagaimana kita bisa mengikuti segala sikap, perilaku serta amalan amalan yang lazim kita sebut sebagai sunah Nabi tersebut. Pasalnya, acapkali kita melihat berbagai perilaku yang menyimpang dari apa-apa yang Beliau ajarkan.

Satu di antara sekian banyak perilaku Nabi Muhammad SAW adalah menebar empati terhadap sesama. Teringat kisah Beliau tatkala memberi makan (menyuapi) seorang buta dengan penuh kasih sayang, padahal orang tersebut setiap hari memaki-maki Beliau. Nabi memang sangat mencintai umat-umatnya, pun Beliau tetap menyayang orang-orang yang membencinya, ini adalah keteladanan yang luar biasa. Rasa empati yang tinggi akan serta merta menggerakkan hati siapapun untuk berbuat baik bagi sesama. Seperti halnya  dilakukan oleh Keluarga Besar SD Perguruan “Cikini” yang baru saja memperingati Maulid Nabi dengan cara penggalangan dana yang dilakukan oleh para siswa, orangtua siswa, guru dan karyawan untuk selanjutnya diserahkan kepada para korban bencana alam.

Rangkaian acara penggalangan dana yang dimulai sejak 21 Januari 2021 tersebut telah diserahkan kepada para korban bencana alam di berbagai lokasi yaitu : Korban bencana banjir dan tanah longsor di Desa Cimanggung – Sumedang, Korban bencana alam gempa bumi di Mamuju dan Majene (Sulawesi) serta Korban banjir bandang di Kalimantan Selatan. Penyerahan dilakukan pada 18 dan 19 Pebruari 2021 oleh Perwakilan SD Percik.

Rangkaian acara diakhiri dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW  yang akan diselenggarakan pada 11 Maret 2021. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh Warga SD Percik yang telah mengapresiasi dan mendukung program ini, utamanya guna menanamkan nilai-nilai positif bagi para siswa. Tentunya ini sangat berguna dalam pembinaan mental mereka sebagai generasi muda yang kelak akan memimpin negeri ini, demikian Ervin Trisworo, S.Si, Kepala SD Percik.

LEAVE A REPLY