Beranda Daerah Sampah Kampung Bengek Menumpuk, Siapa Tanggung Jawab

Sampah Kampung Bengek Menumpuk, Siapa Tanggung Jawab

67
0
BERBAGI

Sepekan lalu Kampung Bengek Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, menjadi viral dengan tumpukan sampah yang luar biasa menggunung. Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PSI, Viani Limardi, meninjau langsung lokasi tersebut pada Hari Jumat, 6 September 2019.

Setelah melihat langsung keadaan di Kampung Bengek Muara Baru dan berdiskusi dengan kelurahan dan warga setempat, Viani Limardi menemukan fakta bahwa ternyata tanah tersebut merupakan tanah PT. Pelindo yang ditempati oleh sekitar 180 kepala keluarga. Tumpukan sampah yang menggunung di atas perairan di pemukiman warga didapati berasal dari limbah warga yang hidup di area tersebut.

“Bahkan perairan yang tadinya kami pikir merupakan air laut, ternyata juga berasal dari air buangan limbah rumah tangga penduduk setempat yang mana kondisi saluran pembuangannya mampet dan akhirnya menjadi seperti perairan,” kata Viani.

“Kondisi kebersihan dan sanitasi warga di Kampung Bengek Muara Baru ini sudah sangat tidak manusiawi dan jauh dari sehat. Kondisi ini harus segera diatasi dan dibersihkan oleh pihak Pelindo sebagai pemilik lahan. Kami bersama-sama dengan Dinas Kebersihan akan mengawasi dan mengawal prosesnya,” tambah anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PSI ini.

Tidak lupa anggota DPRD DKI Jakarta yang berusia 33 tahun ini meminta Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebersihan untuk melakukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di Kampung Bengek ini tentang cara hidup bersih dan sehat.

LEAVE A REPLY