Beranda Wisata Rekreasi Edukasi TK Percik

Rekreasi Edukasi TK Percik

3957
0
BERBAGI
OASENEWS.com – Putra-putri TK Perguruan Cikini (Percik) tampak seru bermain di Pelita Desa, Putat Nutug, Ciseeng Bogor, Jawa Barat pada Selasa (27/11/2018).
 
Didampingi guru dan orang tua, anak-anak rekreasi bersifat edukasi dengan tema “Outbond and Education Activities” dengan tujuan meningkatkan rasa percaya diri, kekompakan dan kebersamaan.
 
Kegiatan diawali dengan Team Building Games yaitu permainan yang dilakukan secara berkelompok. Jenis permainannya adalah transfer pipa, hola hup, tarik tambang, pipa bocor dan bakiak. Permainan ini bagus untuk meningkatkan kekompakan, memberikan pengalaman kepada anak dan menumbuhkan jiwa sportivitas.
 
Anak-anak kemudian dilatih dengan aktivitas yang berhubungan dengan kreativitas dan melatih motorik halus. Dalam kegiatan tersebut, anak diajak untuk mencetak tanah liat dengan cetakan yang telah disediakan.
 
Tak hanya itu, anak-anak juga diajak mempraktekkan cara memerah susu sapi secara langsung di kandang. Kegiatan ini memang sangat dinantikan anak-anak karena merupakan pengalaman pertama mereka memerah. Setelah memerah anak-anak pun meminum olahan susu sapi.
 
Yang tak kalah seru dalam kegiatan outbond ini adalah program bertani. Anak melakukan kegiatan membajak sawah, menanam padi, memanen, menumbuk padi hingga menapih beras.
 
Anak TK Percik ikut program bertani dalam rekreasi edukasi di Desa Pelita, Bogor pada Selasa (27/11/2018).
Untuk melatih keseimbangan, kemandirian dan keberanian, anak di ajak untuk melakukan kegiatan burma bridge, two line, V-bridge besi, jembatan goyang dan jembatan monkey. Kegiatan ini dilakukan di atas persawahan yang aman untuk anak didampingi oleh kakak pendamping dan guru yang setia menemani anak-anak.
 
Anak-anak TK percik tampak seru mengikuti kegiatan dalam rekreasi edukasi di Pelita Desa, Bogor, pada Selasa (27/11/2018).
Puncak kegiatan outbond adalah menaiki rakit dan flying fox. Meskipun anak-anak terlihat ada yang panik namun dengan support dan motivasi yang diberikan oleh guru anak-anak mampu untuk ikut dan menyelesaikan permainan ini dengan mulus. 
 
Anak-anak main flying fox.
 
Sebagai penutup dari kegiatan otubond ini, anak-anak menangkap ikan di dalam kolam, walaupun anak-anak tidak berhasil menangkap ikan karena airnya keruh dan penuh lumpur namun tidak menyurutkan antusias dan kebahagiaan anak untuk masuk ke kolam bermain air bersama.
 
Rekreasi outbond edukatif ini sangat berkesan di hati anak, guru serta orangtua yang menyaksikan langsung semangat dan  usaha anak- anak yang tidak mengenal lelah untuk melakukan kegiatan. Di sini pun anak, guru dan orangtua ikut senang. Bahkan anak anak ingin kembali melakukan kegiatan outbond.

LEAVE A REPLY