Beranda Edukasi Rapat Kerja SD Percik : Optimisme Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023

Rapat Kerja SD Percik : Optimisme Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023

74
0
BERBAGI

Rangkaian kegiatan PPDB (Program Penerimaan Siswa Baru) usai sudah, maka langkah selanjutnya adalah Rapat Kerja dengan agenda penyusunan kegiatan satu tahun kedepan, tentunya termasuk merespons berbagai issue terkini dalam dunia pendidikan. Sebenarnya agenda PPDB masih juga berlangsung sampai dengan akhir Juli 2022, namun karena bangku Kelas 1 Unit Sekolah Dasar (SD) sudah terpenuhi sesuai target, maka PPDB 22/23 dinyatakan ditutup sejak pertengahan Mei 2022. Ini adalah fenomena yang baik dan perlu dipertahankan atau ditingkatkan dengan penutupan PPDB dalam waktu lebih awal.

Rapat Kerja Unit SD Perguruan “Cikini” diselenggarakan tanggal 5 sampai dengan 7 Juli 2022 dengan dihadiri oleh Pjs Kepala SD Percik, Aida Juninda, S.Pd beserta seluruh Tenaga Pendidik, hadir pula Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah YPC Drs. Susiyanto serta Kasatlak Pendidikan Kecamatan Menteng, Marjono, S.Pd, M.Si.  

Salah satu agenda pokok rapat kerja tersebut adalah Kurikulum Merdeka, yang merupakan kelanjutan atas program Merdeka Belajar sebagaimana dicanangkan dalam waktu terdahulu. Bertindak sebagai nara sumber adalah Kasatlak Pendidikan Kecamatan Menteng, Marjono, S.Pd, M.Si serta Drs. H. Rukaedi HS, M.Si, Pengawas SD Kecamatan Menteng. Peralihan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka menyertakan perubahan dalam berbagai hal yang lebih substansial, bukan sekadar perubahan nama ataupun istilah. Beberapa diantaranya adalah Buku Ajar dan Modul Ajar yang bisa didapatkan dengan mudah melalui online, sehingga meringankan beban para siswa dalam pengadaan buku. Capaian Pembelajaran juga juga memuat target yang lebih operasional, demikianpun dengan elemen-elemen lainnya.

Pembahasan lainnya adalah Formasi Tugas Pendidik dan Kependidikan serta berbagai kebijakan sekolah untuk waktu ke depan, Revisi Kurikulum Sekolah 2022, Kalender Pendidikan 2022/ 2023 dan Evaluasi Program Kegiatan Ekstrakurikuler dan Humas.

Dalam Tahun 2022/ 2023 SD Perguruan “Cikini” memiliki siswa sebanyak 425 anak. Mereka belajar dengan tekun di bawah binaan 33 orang guru dibantu oleh 6 orang tenaga kependidikan.

Sekolah yang berada di Kawasan Menteng, tepatnya di bilangan Jalan Cikini Raya ini menggunakan konsep The Innocreat School yang mengarahkan para siswa dan juga para guru untuk terus berupaya inovatif dan kreatif dalam mengikuti sekaligus menjawab tantangan perkembangan jaman. Sesuai dengan usia anak, para siswa menggunakan slogan “Aku Anak Cerdas, Kreatif dan Mandiri” dalam kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY