Beranda Headline Pj. Bupati kunjungi Proses Pengelolaan Ikan Tuna.

Pj. Bupati kunjungi Proses Pengelolaan Ikan Tuna.

40
0
BERBAGI

Foto: Pj. Bupati Ikram kunjungi Proses Pembuatan loin Ikan Tuna, Mini Plan milik CV. Mitra Tuna Mandiri.

Oase.Ternate Weda. Pejabat Bupati Kabupaten Halmaherah Tengah Pj Bupati Ikram M sangadji melakukan kunjungan ke Mini Plan milik CV. Mitra Tuna Mandiri. Rabu, (21/02/24).

Pada kunjungan tersebut Bupati melihat langsung kegiatan proses ikan tuna yang baru saja diangkat dari kapal oleh nelayan di Patani, yakni KBU Tuna Jaya Patani.Untuk kedua kalinya KUB Tuna Jaya Patani mampu menangkap 106 ekor ikan tuna dg total berat sekitar 1,5 ton.

Ikan tuna yang diturunkan dari kapal, lalu di proses pembuangan pembersihan insang, isi perut, dan grading sashimi yang dilakukan petugas quality control dengan memeriksa kualitas sashimi dari tekstur dan warna daging ikan tuna segar.Ikan tuna selanjutnya diproses menjadi loin, dan dikirim ke Ternate untuk di ekspor ke negara Vietnam dan Uni Eropa.

Menurut Pj Bupati, “kegiatan ini adalah salah satu target kita dan Alhamdulillah di awal tahun 2024 ini kita bisa melakukan prosesing ikan tuna langsung dari Patani dan Weda, dan ini sda dua kali pengiriman,”ungkapnya.

Pihaknya juga berterima terima kasih kepada para nelayan, pelaku usaha dan dinas atas kinerjanya, sembari berharap agar kerjasama ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan, karena dampak ekonominya cukup besar bagi masyarakat. (*)

Editor: Haerun

Reporter: Ibo

LEAVE A REPLY