Beranda Headline Pj. Bupati Halmahera Tengah buka Gerakan Pangan Murah (GPM)

Pj. Bupati Halmahera Tengah buka Gerakan Pangan Murah (GPM)

787
0
BERBAGI

Foto: Pj. Bupati Halteng Dr. Ir. Ikram Malan Sangadji, M.Si. Saat berada di depan Salah Satu pedagang sambil berbincang.

Oase, Weda-Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta penanganan inflasi di Kabupaten Halmahera Tengah jelang ramadhan 1445 H/2024 M., Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar gerakan pangan murah (GPM).

Gerakan pangan murah yang dipusatkan di Pandopo Falcilno Weda pada Kamis, 14 Maret 2024 pagi, dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Halteng Dr. Ir. Ikram Malan Sangadji, M.Si.

Kedatangan orang nomor satu Pemkab Halteng di lokasi GPM itu pun disambut tepukan meriah oleh warga yang berdatangan menunggu dimulainya GPK tersebut.

Pj. Bupati Ikram Sangadji dalam sambutannya mengatakan pendapatan daerah Kabupaten Halmahera Tengah dengan jumlah miliaran bahkan triliunan itu akan dikembalikan manfaatnya kepada masyarakat selama dirinya berada di bumi fagogoru Halmahera Tengah.

“Jadi selama saya disini doi (uang) ini saya kase (kasih) pulang (kembalikan) ke masyarakat dalam bentuk program, bangun rumah layak huni, beasiswa pendidikan, insentif ibu hamil menyusui, insentif keluarga orang sakit dan meninggal dunia, dan insentif lainnya”, sebutnya.

Dikatakan Pj. Bupati Ikram, proyek strategis nasional yang berada di Teluk Weda saat ini telah memberikan dampak positif terhadap pendapat daerah, setiap tahun kucuran PT.IWIP kepada pemerintah daerah Halmahera Tengah berkisar 1 triliun.

“Doi Halteng ini sangat banyak dibanding beberapa Kabupaten di Provinsi Maluku Utara, setiap tahun doi dari IWIP, Halteng itu dapat satu 1 triliun” tutur Ikram.

Itulah kenapa, lanjut Ikram, berbagai program yang sudah dilakukan adala untuk mengembalikan hasil itu kepada masyarakat agar manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat Halmahera Tengah.

Kelanjutan kegiatan GPM ini juga, tambah Bupati Ikram, masih 2 tahap lagi dan khusus untuk konsumsi Idul Fitri nanti akan digratiskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Fatimah Hasyim, S.P dalam laporannya mengatakan anggaran yang disediakan untuk pelaksanaan gerakan pangan murah ini yaitu bersumber dari Anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) pada Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah Kabupaten Halmahera Tengah Tahun 2024.

Adapun komoditas yang disediakan dalam GPM saat ini lanjut Masyitah yaitu sebagai berikut:

  1. Beras 2 Ton Bp 55.000 per 5Kg;
  2. Minyak Goreng 2 Ton liter – 15. 000 per liter;
  3. Gula Pasir 2 Ton – 15.000 per Kg;
    4, Bawang Merah 2 Ton- 30.000 per Kg;
    5, Bawang Putih 2 Ton- 30-00 per Kg;
  4. Cabe Rawit 2 Ton- 35.000 per Kg;
  5. Cabe Keriting 2 Ton- 30.000 per Kg;
  6. Tomat 2,5 Ton – 8.000 per Kg;
  7. Daging Ayam Ras 2 Ton- 30.000 per Kg;
  8. Telur Ayam Ras 30.000 Butir ‘ “ 40-000 per rak.

Editor: Un

Reportet: Ibo

LEAVE A REPLY