Beranda Headline Petani Galela Desak NHM Segera Serahkan Dokumen Rehab DAS II Galela Ke...

Petani Galela Desak NHM Segera Serahkan Dokumen Rehab DAS II Galela Ke KLHK

91
0
BERBAGI

Oase,Halut–Masyarakat Galela gelar protes kepada pihak PT. NHM yang dinilai ingkar janji dalam penyelesaian tanggungjawabnya atas pemegang IPPKH pada program rehab DAS II diwilayah Kec. Galela Selatan dan Kec. Galela Barat.

Masyarakat kembali mempertanyakan status rehab DAS II yg dilakukan oleh PT. NHM sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam memanfaatkan potensi sumberdaya alam emas di wilayah Kabupaten Halmahera Utara khususnya di Desa Kao dan Malifut.

Rizal Ali, menyebut di galela “Kekecewaan masyarakat seperti saya dan masyarakat pemilik lahan lainnya sangat di prihatinkan karena sampai saat ini tidak merasa aman dengan lahan-lahan kami yang menjadi lokasi program rehab DAS II PT. NHM,

kami resah atas ulah PT. NHM karena sampai saat ini tidak ada kejelasan dan kepastian penyerahan dokumen rehab DAS II, kecurigaan kami akan ada potensi perebutan lahan pada program serupa yang di lakukan pihak PT. NHM. Ungkap (Rizal)

Padahal proses penilaian rehab DAS II suda dilakukan pada bulan Oktober tahun 2023 kemarin, namun sampai saat ini tidak ada kejelasan untuk menindaklanjuti hal yang kami nilai bermasalah.

“Kami meminta dengan serius pihak PT. NHM sebagai pemegang IPPKH segra bertanggungjawab dalam masalah ini, Tindas “Rizal Ali”

Masyarakat pemilik lahan pada program rehab DAS II galela khususnya di Desa Togawa Besi, Desa Togawa, Desa Soakonora, Desa Igobula dan Desa Samuda dengan segalah bentuk keresahan kami demikian kami meminta kepada PT. NHM agar segera selesaikan penyerahan dokumen rehab DAS II kepada masyarakat, sehingga kejelasan status tanaman dilahan masyarakat menjadi legal dan tidak berpotensi sengketa dikemudian hari. “Tutup Rizal Ali

Reporter : Ajim umar

LEAVE A REPLY