Beranda Edukasi PERCIK FAIR 2021 : Persaudaraan Virtual, Jauh di Mata Dekat di Hati

PERCIK FAIR 2021 : Persaudaraan Virtual, Jauh di Mata Dekat di Hati

241
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Peristiwa pandemic memaksa masyarakat melakukan adaptasi peradaban dalam berbagai hal, tidak terkecuali dunia pendidikan. Perubahan system, metode, tata cara, juga sarana pelaksanaan pendidikan kesemuanya mengalami perkembangan yang signifikan. Satu di antara sekian jenis proses adaptasi, yang dirasakan paling berat adalah merubah “mind set”, setidaknya untuk cepat tanggap dalam menyikapi perubahan dimaksud. Sekolah kreatif senantiasa mampu merespons perubahan dengan cepat dan selalu berpikir untuk mengatasi masalah agar segala proses pembelajaran tetap berjalan lancar. Salah satu solusinya adalah memaksimalkan penggunaan teknologi. Berbagai bentuk tatap muka kini berganti menjadi system virtual. Cukup efektif, meski sisi ekspresi tidak sesempurna pertemuan secara langsung, sebagaimana dilakukan oleh SD Perguruan “Cikini” (Percik) dalam acara Virtual Percik Fair. Agenda tahunan ini baru saja berlangsung pada 23 Maret dampai dengan 8 April 2021 dalam bentuk aneka lomba yang diselenggarakan secara virtual.

Acara yang diikuti oleh 350 (tiga ratus lima puluh) peserta dari kalangan intern dan TK Mitra Percik tersebut terdiri atas berbagai lomba yaitu Kids Singing Contest, Colorring, Cooking Competition with Mom & Dad dan Modeling (untuk TK Mitra), sedang untuk lomba internal terdiri atas mata lomba Story Telling, Mewarnai, Pidato, Desain Stiker dan Olimpiade Matematika. Setidaknya ada 2 (dua) tujuan pokok dari penyelenggaraan lomba tersebut yaitu menjalin silaturahmi antar sesama perserta lomba, baik dari TK Mitra maupun dari kalangan internal. Penyelenggaraan lomba dengan cara virtual tersebut tidak mengurangi antusiasme para peserta lomba. Selain itu acara ini juga merupakan bentuk evaluasi atas perkembangan kemampuan akademis maupun non akademis, khususnya pagi para peserta lomba.

Kami sangat berterimakasih atas antusiasme para peserta dalam kegiatan ini. Terimakasih pula atas peran serta Para Orangtua dalam mendukung putra-putrinya. Terkandung harapan semoga dalam waktu selanjutnya penyelenggaraan kegiatan sekolah baik intra maupun ekstra kurikuler, dapat segera dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Kini para siswa dan guru sama-sama merasakan kerinduan untuk segera bertemu, belajar dan bersendau gurau selayaknya waktu-waktu terdahulu, demikian Ervin Trisworo, S.Si, Kepala SD Perguruan “Cikini.

 

 

LEAVE A REPLY