Beranda Edukasi Pembukaan Pra LDKS 1 SMP Perguruan “CIKINI” sebagai wadah Pengembangan Karakter

Pembukaan Pra LDKS 1 SMP Perguruan “CIKINI” sebagai wadah Pengembangan Karakter

53
0
BERBAGI

OASENEWS.com – SMP Perguruan “CIKINI” (Percik) sebagai sekolah nasional, memiliki peran penting dalam penanaman wawasan kebangsaan dan karakter kepada peserta didik dalam rangka mencetak pemimpin yang berwawasan kebangsaan, berkarakter dan berbudi pekerti. Atas dasar hal tersebut, SMP Percik setiap tahunnya rutin mengadakan acara-acara yang menopang tujuan tersebut. Salah satunya adalah rangkaian kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang tahun ini sudah mencetak XXIX angkatan. Rangkaian tersebut dimulai dengan kegiatan Pra LDKS I yang diadakan pada tanggal 31 Agustus 2019. Pada Pra LDKS 1, peserta didik diberikan materi mengenai teori kepemimpinan yang disampaikan oleh Drs. Susiyanto selaku Kepala Sekolah SMP, materi pengenalan organisasi OSIS dan kegiatan LDKS yang disampaikan oleh Drs.Hartono yang pernah menjabat sebagai kepala sekolah SMP Percik dan Pembina OSIS sehingga dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan beliau selama bertugas di Percik. Serta, pelaksanaan materi PBB dan Tata Upacara Bendera yang disampaikan oleh Resimen mahasiswa Universitas Negeri Jakarta sebagai mitra dalam bidang Bela Negara.

Kegiatan LDKS diikuti oleh 36 Peserta yang terdiri dari kelas VII dan VIII, serta beberapa orang kelas IX yang bertindak sebagai panitia. Peserta LDKS merupakan kandidat untuk menjadi anggota dan Ketua Osis periode selanjutnya, sehingga setelah rangkaian kegiatan LDKS selesai, maka Ketua Osis beserta anggota akan ditetapkan. Kegiatan Pra LDKS I berjalan lancar, dengan antusiasme peserta dalam mengikuti materi di dalam kelas ataupun materi lapangan. Pada materi kepemimpinan, peserta diajarkan untuk mengenali sifat dan sikap seorang pemimpin melalui beberapa games menarik dan video pembelajaran. Selain itu, materi pengenalan Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan LDKS bertujuan agar peserta didik mengetahui dan memahami konsep dasar dari pembentukan OSIS dan bagaimana seharusnya organisasi tersebut berjalan dan memberi dampak positif bagi pembelajaran berorganisasi peserta didik. Penguatan materi juga dilengkapi dengan penguatan skill baris-berbaris, sebagai simbol dalam melatih kedisiplinan peserta didik.

Rangkaian LDKS belum selesai sampai disitu, selanjutnya kegiatan Pra LDKS II akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2019 dengan materi yang berbeda./2-09-2019/

LEAVE A REPLY