Beranda Domestik Novanto Tersangka, Pengamat Zona Politika: Bisa Menggerus Suara Golkar!

Novanto Tersangka, Pengamat Zona Politika: Bisa Menggerus Suara Golkar!

482
0
BERBAGI

Oasenews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik pada Senin (17/7/2017).

Novanto diduga menguntungkan diri atau orang lain atau korporasi. Ketua DPR RI itu juga diduga menyalahgunakan kewenangan dan jabatan.

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Direktur Zona Politika Indonesia, Anas Raja Andi menilai penetapan Novanto sebagai tersangka oleh KPK akan berdampak pada citra Partai Golkar serta dapat menggerus suara partai berlambang pohon beringin itu di Pilpres 2019 mendatang.

Sebab itu, akan ada semacam gerakan di internal partai untuk menyelamatkan Golkar. Terlebih, sejak nama Novanto disebut-sebut dalam kasus tersebut memang sudah muncul desakan dari pengurus Golkar agar segera dilakukan Munaslub.

“Pasalnya SN (Setya Novanto) adalah tokoh Golkar yang dirundung masalah mulai kasus ‘papa minta saham’ dan kasus E-KTP yang merugikan negara 2,3 triluanan rupiah. Akan ada gerakan di internal Golkar apalagi partai golkar adalah partai besar banyak elit yang punya kepentingan,” kata Anas dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (18/7/2017).

Selain itu, lanjut Anas, DPP Partai Golkar akan pecah konsentrasi dalam melakukan kerja strategis pemenangan pemilu. Karena akan disibukkan untuk melakukan penyelamatan terhadap ketua umumnya.

Ia juga mengatakan, isu korupsi menjadi salah satu alasan publik menentukan pilihannya. Sebab itu, ia meniai penetapan tersangka Novanto akan berdampak pada perolehan suara Golkar di Pilpres 2019 mendatang.

“Isu korupsi sangat mempengaruhi opini masyarakat terhadap alasan menentukan pilihan partai politik dipemilu 2019 ,” pungkasnya. (as)

LEAVE A REPLY