Beranda Edukasi MPLS 2021 SMP PERCIK : Selamat Datang Para Calon Pemimpin Masa...

MPLS 2021 SMP PERCIK : Selamat Datang Para Calon Pemimpin Masa Depan

3755
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Apakah proses pendidikan di sekolah cukup dengan memaksimalkan kemampuan akademik para siswa? Jelas tidak, ada jauh yang lebih penting dari itu yaitu soal pembinaan mental dan kepribadian. Manusia-manusia cerdas yang tidak memiliki karakter yang baik sangat berpotensi menggunakan kecerdasannya untuk berbagai hal yang dapat merugikan orang lain. Itu sebabnya selain dari prestasi akademik, para siswa juga harus memiliki mental kepribadian yang baik. Para siswa harus mendapatkan pembelajaran dengan menjaga keseimbangan IQ (Intellegence Quotient), EQ (Emotion Quotient), AQ (Adversity Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Keseimbangan antara kecerdasan, emosi, ketahanmalangan dan kehidupan spiritual akan menghasilkan manusia yang sangat paham bagaimana menjadi cerdas, memiliki emosi yang stabil, juga daya tahan dalam menghadapi berbagai arus kehidupan serta   mempergunakan kesemuanya untuk kemasalahatan bersama. Demikian disampaikan oleh Kepala SMP Perguruan “Cikini” (Percik), Susiyanto dalam rangkaian acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang berlangsung tanggal 12 hingga 14 Juli 2021.

Selain mengikuti 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, proses pendidikan di SMP Percik menerapkan 3 (tiga) Standar Pengembangan Pendidikan Perguruan “Cikini” yaitu Soft Skill, Bela Negara dan The Innocreat School. Soft Skill akan mengajarkan berbagai materi yang sangat penting dalam kehidupan seperti kejujuran, paradigma pemenang, kerjasama, toleransi, membangun empati serta berbagai sendi kehidupan lainnya. Bela Negara merupakan salah satu impelementasi dari Sekolah Perguruan “Cikini” sebagai sekolah yang berwawasan kebangsaan. Dalam pelaksanaan kegiatan Bela Negara, Percik bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam hal ini Ditjen Potensi Pertahanan (Pothan), hal mana agar pembinaan Bela Negara bisa berjalan linear dengan program pemerintah, sekaligus meluruskan pandangan bahwa Bela Negara bukanlah Wajib Militer, melainkan bagaimana peran setiap warga negara untuk dapat membuat negara ini survive dan berkembang menjadi negara maju, mulai sekadar menjaga kesehatan diri sendiri, peduli lingkungan, mengembangkan diri dengan kecerdasan dan berbagai kemampuan, menjaga kebhinekaan dan lain-lain. Lebih dari itu Program Bela Negara kami harapkan bisa menjadi sarana pembinaan bagi para siswa untuk menjadi pemimpin masa depan.

The Innocreat School merupakan konsep pendidikan dan pembelajaran melalui berbagai pilar yang mengantarkan para siswa menjadi manusia yang bukan saja cerdas tetapi juga bersikap inovatif dan kreatif dalam menjawab tantangan kehidupan, sikap yang sangat diperlukan dalam menjawab tantangan masa depan yang begitu cepat berubah.

Guna menunjang berbagai program tersebut SMP Percik juga sudah melakukan digitalisasi managemen pendidikan yang dimulai dengan digitalisasi program pembelajaran. Saat ini SMP Percik menggunakan platform Kelas Pintar, yang sangat efektif dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar mulai dari ketersediaan materi yang terkontrol, kegiatan belajar mengajar yang sangat mudah dimonitor, bahan pembelajaran yang tersedia dalam program digital dan yang tidak kalah penting melalui platform ini para orangtua bisa ikut aktif berperan serta dalam proses pendidikan. Program ini sangat memungkinkan para orangtua memonitor putra-putrinya dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga meski mereka sibuk bekerja tidak perlu khawatir dengan kegiatan belajar anak-anaknya, meski menggunakan sistem online.

LEAVE A REPLY