Beranda Edukasi Malam Bina Iman Dan Taqwa SMK Percik: Satukan Doa Dan Upaya Untuk...

Malam Bina Iman Dan Taqwa SMK Percik: Satukan Doa Dan Upaya Untuk Yang Terbaik

4422
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh SMK Perguruan “Cikini” (Percik). Bukan sekadar melengkapi acara dari Seksie Pusroh Islam sebagai salah satu misi spiritual seperti halnya peringatan hari besar keagamaan (Islam), ataupun kegiatan-kegiatan ritual Islami lainnya, namun acara ini memiliki misi khusus yaitu pembekalan yang mendalam kepada para siswa kelas XII, utamanya dalam menghadapi berbagai momentum penting dan menentukan masa depan siswa seperti ujian (Uji Kompetensi Keahlian, Ujian Praktek Non Produktif, Ujian Sekolah dan tentunya Ujian Nasional), sekaligus sebagai bekal kelak jika mereka sudah lulus.

Untuk tahun ini icara diselenggarakan sebanyak 4 (empat kali) yaitu minggu ketiga dan keempat Januari serta minggu pertama dan kedua Pebruari dengan mengambil hari Sabtu dan Minggu. Para pembimbing terdiri atas guru-guru (sebagai pembimbing internal) sedang pembimbing dari luar adalah Ustadz Sufi dari Tasikmalaya. Para peserta adalah seluruh Kelas XII dari seluruh kompetensi keahlian yang ada.

Adapun materi pembinaan meliputi pendalaman hal-hal mendasar dalam kehidupan Islam sehari-hari seperti sholat berjamaah, dzikir, tadarus, kuliah keagamaan, sholat malam serta beberapa konten tambahan seperti muhasabah dan ruqyah.

Pada dasarnya target dari pelaksanaan acara ini adalah memberikan pemahaman kepada para siswa agar dapat melakukan penyeimbangan antara upaya (belajar dengan sungguh-sungguh) serta doa untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik. Sejauh ini kegiatan ini membuahkan hasil yang positif dengan adanya perubahan kesadaran yang signifikan setelah para siswa mengikuti kegiatan tersebut, kesadaran bahwa manusia wajib melakukan usaha dengan penuh kesungguhan sedang soal hasil adalah kuasa Tuhan, meski Tuhan tak akan mengubah nasib manusia selama manusia itu sendiri tidak melakukan usaha apa apa.

LEAVE A REPLY