Beranda Headline Lingkungan dan Sumber Kehidupan Manusia

Lingkungan dan Sumber Kehidupan Manusia

101
0
BERBAGI

Penulis : Marwa Tuljanna
Mahasiswa Universitas Khairun Ternate

Lingkungan merupakan gabungan antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan keutuhan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan tersebut.

Salah satu sumber kehidupan manusia dan mahluk lainnya adalah Air, Air ini merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan seluruh makhluk hidup di bumi. Sehingga Peranan penting air dalam kehidupan haruslah kita imbangi dengan pemeliharaan dan pengelolaan yang baik.

Lingkungan dan sumber kehidupan manusia ini sangat penting untuk dijaga dan dirawat seperti kita merawat dan menjaga diri kita sendiri, ketika kita mengamati dan melihat sendiri kondisi yang terjadi di sekitar kita maka kita akan melihat bagaimana manusia itu tidak menjaga lingkungan dan Sumber Kehidupan manusia itu sendiri, khususnya di Provinsi Maluku Utara.

Kerusakan alam di Maluku Utara, seperti halnya di banyak daerah lain di Indonesia, merupakan isu serius yang membutuhkan perhatian dan tindakan secara serius. Salah satu permasalahan utama adalah deforestasi yang merugikan ekosistem lokal. Pembabatan hutan yang tidak terkendali dapat mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati, erosi tanah, serta perubahan iklim.

Pemanfaatan sumber daya alam, terutama dalam sektor pertanian dan pertambangan, seringkali tidak memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan. Praktik-praktik ini dapat menyebabkan degradasi tanah, pencemaran air, dan merusak habitat alami. Selain itu, penanganan limbah juga menjadi isu kritis, terutama dengan peningkatan produksi sampah plastik yang tidak terkendali.

Perlu juga dicatat bahwa sebagian pulau di Maluku Utara merupakan pulau kecil yang rentan terhadap perubahan iklim, seperti kenaikan permukaan air laut dan cuaca ekstrem. Dibutuhkan langkah-langkah adaptasi dan mitigasi yang efektif untuk melindungi masyarakat dan lingkungan setempat dari dampak buruk ini.

Kritik terhadap kerusakan alam di Maluku Utara seharusnya membangkitkan kesadaran dan aksi kolektif. Pemerintah setempat, bersama dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, perlu bekerja sama untuk menerapkan kebijakan yang mendukung pelestarian alam, mempromosikan pertanian dan pertambangan yang berkelanjutan serta melihat aspek dari kehidupan manusia yakni lingkungan dan kehidupan manusia.

Pentingnya pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga Masyarakat perlu diberdayakan dengan pengetahuan tentang dampak aktivitas mereka terhadap lingkungan dan cara untuk mengurangi jejak ekologis. Hal ini dapat membentuk sikap dan perilaku yang lebih bertanggung jawab terhadap alam.

Pandangan dan kritik terhadap kerusakan alam di Maluku Utara harus menjadi panggilan untuk perubahan yang berkelanjutan. Dengan upaya bersama, dapat diciptakan lingkungan yang sehat dan lestari untuk generasi mendatang.

LEAVE A REPLY