Beranda Domestik Leonardo DiCaprio Puji Ketegasan Menteri Susi Gebuk Pencuri Ikan

Leonardo DiCaprio Puji Ketegasan Menteri Susi Gebuk Pencuri Ikan

339
0
BERBAGI
Leonardo DiCaprio Puji Ketegasan Menteri Susi Gebuk Pencuri Ikan

Oasenews.com – Berani dan inovatif, begitulah sang aktor kenamaan Leonardo DiCaprio memberi penilian dalam bentuk pujian kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti.

Bagi Leonardo, keberanian Menteri Susi dalam memberantas pencurian ikan benar-benar merupakan aksi yang patut dicontoh. Tak hanya untuk di wilayah perairan Indonesia, seluruh dunia juga harus mengambil tindakan cepat sebagaimana dilakoni Menteri Susi demi keselamatan ekosistem dan spesies di laut.

“Ini memperlihat seorang pemimpin yang berani dan inovatif yang dibutuhkan seluruh dunia,” kata Leonardo dalam acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB, New York, Kamis (8/6/2017).

Leonardo memang merupakan penyeru kampanye perdamaian PBB, UN Messenger for Peace. Tak salah kemudian jika ia mengungkapkan pentingnya menjaga laut dan ekosistem di dalamnya. Sebab laut memang menjadi pemasok makanan bagi manusia yang harus dijaga kelestariannya sebagai bagian dari upaya perdamaian dunia.

Dan dalam rangka upaya itu, Leonardo melihat Menteri Susi mengejawantahkannya dalam kerja-kerja kementeriannya.

“Beberapa waktu lalu, sekitar 10.000 kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal terkena dampak buruknya. Namun, Menteri Susi melakukan usaha memberantas kegiatan ilegal itu dan menjadi pemimpin ke era pengelolaan perikanan yang transparan,” lanjut Leonardo.

Tentu, transparan yang dimaksud oleh bintang film yang tenar melalui Titanic ini, yakni Menteri Susi memberikan data kapal (Vessel Marine System) di Indonesia agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch. Sehingga kapal-kapal ikan bisa dilacak pergerakannya secara langsung. (as)