Beranda Edukasi Lembaga Sertifikasi Profesi SMK 3 Percik : Reputasi – Prestige – Target

Lembaga Sertifikasi Profesi SMK 3 Percik : Reputasi – Prestige – Target

104
0
BERBAGI
Lembaga Sertifikasi Profesi SMK 3 Percik : Reputasi – Prestige – Target

OASENEWS.com – Terbayar sudah rasa capek dan lelah segenap warga SMK 3 Perguruan “Cikini” dalam memperjuangan berdirinya Lembaga Setifikasi Profesi, manakala pada 19 Maret 2021 lalu menjalani Penyaksian Uji Kompetensi (witness). Witness merupakan rangkaian kegiatan akhir untuk mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pengujian dilakukan oleh Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis didampingi Elsa Yuliastri, sementara bertugas sebagai observer adalah Bapak Nasrul Fani.

Miftakul menyampaikan bahwa Uji Sertifikasi Kompetensi harus dilakukan dengan dengan prosedur yang benar, maka dengan demikian sertifikat kompetensi yang diperoleh para siswa menjadi benar-benar bermanfaat dalam memasuki dunia kerja.

Adapun skema sertifikasi kompetensi yang diujikan di LSP P1 SMK 3 Perguruan “Cikini” yaitu:

  • Skema sertifikasi KKNI Level II pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
  • Skema sertifikasi KKNI Level II pada kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
  • Skema sertifikasi KKNI Level II pada kompetensi keahlian Multimedia.
  • Skema sertifikasi KKNI Level II pada kompetensi keahlian Farmasi.
  • Skema sertifikasi KKNI Level II pada kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Lepas dari peran atau fungsi LSP itu sendiri, keberadaan lembaga sejenis ini tentu merupakan prestige tersendiri, mengingat LSP memiliki hak untuk melakukan pengujian kompetensi bagi para lulusan SMK. Sertifikat kompetensi merupakan salah satu persyaratan penting bagi para lulusan SMK bahkan lulusan perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja, memiliki ijazah saja belumlah cukup.

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan dari BNSP dan menjadikan bahan perbaikan LSP SMK 3 dalam waktu ke depan. Kiranya keberadaan LSP ini dapat memberikan nilai lebih bagi para lulusan agar memiliki daya saing dalam tingkat nasional maupun internasional, demikian Ahmad Fariz, M.T, Ketua Tim LSP SMK 3 Perguruan “Cikini”.

LEAVE A REPLY