Beranda Edukasi Latihan Dasar Kepemimpinan? Penting!

Latihan Dasar Kepemimpinan? Penting!

119
0
BERBAGI

Kehidupan berbangsa, bernegara, bermasyarakat yang baik, semuanya perlu pemimpin yang handal dan mumpuni. Kecerdasan, kepiawaian dan intuisi pimpinan sangat menentukan kemajuan institusi yang dipimpinnya. Menjadi pimpinan tidak ada sekolahnya. Acapkali arti pimpinan sekadar diartikan sebagai ketua atau kepala, itupun seringkali lahir atas dasar senioritas dan sejenisnya, padahal menjadi seorang pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan yang memadai.

SMP Perguruan “Cikini”, mengemban misi mempersiapkan para siswa dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi. SMP Percik sangat berharap para lulusannya kelak bisa menjadi pemimpin yang baik dalam berbagai eskalasi, sesuai jenjang dan level masing-masing. Pada 16 dan 17 September lalu Percik mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Pelatihan diselenggarakan di Villa Biru Pancawati, Ciawi Jawa Barat, diikuti oleh 95 peserta dari kelas VII dan kelas VIII serta seluruh guru. Pelatihan dibuka oleh Kepala SMP Percik, Drs. Susiyanto.

Materi latihan meliputi Baris Berbaris, Kedisiplinan dan Persidangan dan juga outbond. Pelatihan menghadirkan Bapak Hartono selaku nara sumber. Pelatihan ini sekaligus mempersiapkan kader Calon Ketua Osis periode 2022/2023. Osis merupakan organisasi sekolah yang keanggotaan dan kepengurusannya terdiri atas seluruh siswa sekolah masing-masing.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa senafas dengan karakter Sekolah Percik yang mengedepankan wawasan kebangsaan dalam upaya membangkitkan semangat nasionalisme. Selama ini Percik sudah menerapkan pola-pola pendidikan kebangsaan dengan berbagai langkah konkrit seperti halnya Bela Negara yang melibatkan siswa dari Unit SMP, SMA dan SMK Perguruan “Cikini”. Pelatihan Bela Negara dilakukan dengan melibatkan Korps Resimen Mahasiswa Indonesia. Percik juga pernah mengirimkan 10 orang guru dalam acara TOT (Training of Trainer) Bela Negara yang diselenggarakan oleh Kemenhankam bertempat di Pusdiklat Hankam Rumpin Bogor pada Oktober 2021. Hal ini bertujuan agar para guru bisa memahami arah maupun sasaran Pendidikan Bela Negara untuk disampaikan kepada para siswa maupun seluruh warga sekolah.

LEAVE A REPLY