Beranda Daerah Langkah Cepat SMK Musik Perguruan “CIKINI” Menghadapi Epidemi COVID-19

Langkah Cepat SMK Musik Perguruan “CIKINI” Menghadapi Epidemi COVID-19

3860
0
BERBAGI

Baru-baru ini terbit Surat Edaran Gubernur no 30 tahun 2020 terkait penundaan UNBK serta penghentian kegiatan belajar mengajar disekolah untuk sementara waktu (14 hari) dengan solusi mengganti dengan program Home Learning.

Menindak lanjuti hal tersebut maka SMK Musik Perguruan Cikini melakukan realisasi dengan membuat beberapa program, diantaranya adalah:

Program belajar Home Learning metode daring.
Kebersihan Asrama, Kelas dan seluruh lingkungan fasilitas Sekolah
Langkah pro-aktif ini bertujuan menjaga kesehatan dan keselamatan siswa, guru dan segenap jajaran tenaga kependidikan, serta memaksimalkan ketercapaian pembelajaran home learning secara efektif dan efisien.

Teknis Pelaksanaan Program Home Learning
Setiap siswa dan orang tua siswa dibuatkan wadah/ ruang belajar menggunakan media WhatsApp Group sehingga siswa, guru serta orang tua bisa langsung memantau kegiatan belajar dirumah. Jadwal pelajaran mengikuti jam pelajaran biasanya dari jam 07.00-15.00 dimana pada group tersebut guru berperan aktif memberikan materi kepada para siswa.

Adapun media yang digunakan guru cukup bervariatif sesuai kebutuhan pembelajaran, misalnya dengan menggunakan media Aplikasi WhatsApp, Classroom Google, Edmodo, Schoology, dll. Dimana siswa dan guru bisa belajar secara dua arah. Metode ini diyakini lebih efektif disbanding dengan hanya pemberian tugas saja yang bersifat 1 arah.

Setiap guru membuat laporan individual kepada pimpinan yang didalamnya terdapat absensi siswa, materi pelajaran, tema pelajaran, indikator pencapaian siswa serta evaluasi pembelajaran dari guru selama kegiatan belajar mengajar. Setiap hari terdapat Pimpinan, Guru serta Tendik untuk menjaga piket sekolah.

Teknis Pelaksanaan Program Kebersihan Sekolah Kebersihan dilakukan di semua lini, dimulai dari kebersihan asrama, kebersihan toilet, kebersihan kelas, kebersihan taman, kebersihan lngkungan, kebersihan. Sekolah menediakan sabun kebersihan dan hand sanitizer pada seluruh ruangan. Serta tidak ketinggalan penyemprotan Fogging untuk memberantas pertumbuhan nyamuk Aedes

Dengan mengoptimalkan program – program tersebut diharapkan pertumbuhan virus apapun yang membahayakan masyarakat sekolah dapat dihalau, serta hak siswa untuk mendapatkan Pendidikan tidak terhalangi oleh adanya epidemi ini.

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY