Beranda Headline Lahan Warga Kalumata Digusur, Massa Aksi Blokade Jalan Tugu Makugawene

Lahan Warga Kalumata Digusur, Massa Aksi Blokade Jalan Tugu Makugawene

629
0
BERBAGI

Oase,Ternate—Kekuatan massa dari mahasiswa dan pemuda yang berkisar ratusan massa, melakukan blokade di tiga jalan utama tugu makugawene, kelurahan Kalumata, Selasa (28/11/2023).

Aksi yang di lakukan ini merupakan bentuk penolakan dan penghadangan atas rencana penggusuran rumah warga di RT.08 RW. 03 yang di keluarkan oleh pengadilan negeri Ternate. Aksi ini juga merupakan bagian dari bentuk proses penanganan sengketa lahan yang ada di kota Ternate.

Irawati, yang merupakan korlap aksi mengungkapkan bahwa aksi yang di lakukan oleh aliansi masyarakat tolak penggusuran yang di dalam terdapat mahasiswa dan juga pemuda, membentuk tiga kelompok untuk melakukan blokade di tiga jalur utama di tugu kalumata ini.

Masa aksi penolakan penggusuran lahan warga kalumata saat blokade jalan.

Aksi blokade jalan ini sempat mendapat keluhan dari para pengendara dan juga aparat kepolisian sehingga negosiasi yang di lakukan guna untuk membuka jalan dengan alasan penundaan eksekusi rumah warga ini.

“Kami membuka akses jalan berdasarkan hasil negosiasi yang di lakukan oleh tokoh adat dan pihak kepolisian karena belum ada proses penggusuran hari ini,” ucap Irawati.

Sementara, Kapolsek Ternate Selatan, Iptu Jodi Satya Pradana, S. Tr.K., M.Si. membenarkan adanya penundaan penggusuran rumah warga setempat.

Setelah mengetahui panduan dari atasannya dirinya beserta beberapa aparat langsung mendatangi TKP sembari menyampaikan penjelasan kepada massa aksi bahwa hari ini belum ada penggusuran yang dilakukan.

“Saya datangi teman-teman mahasiswa untuk bisa membuka akses jalan yang diboikot, tentu ini untuk kepentingan para pengendara dan warga, lalu kami himbau kepada mahasiswa agar tidak lagi melakukan pemboikotan jalan,” katanya.

Perlu diketahui, bahwa rencana penggusuran rumah warga melalui surat Nomor 34/Pdt.G/2017/PN Tte tentang eksekusi lahan di kelurahan Kalumata khususnya di RT.08/RW.03 pada Selasa, (28/11/2023).

Meski demikian, pengadilan negeri Ternate mengeluarkan surat No. 3092/PAN.PN. W28-U2/HK2.4/X1/2023, perihal penundaan eksekusi lahan di hari yang sama atas rekomendasi yang di sampaikan oleh Kepolisian Resort Ternate No.B 343/X1/2023 Polres Ternate.

Reporter : Riski Mansur

LEAVE A REPLY