Beranda Edukasi Kreatifitas, Inovasi, Seni, Olah Raga, Matematika, Sama Pentingnya untuk Dipelajari

Kreatifitas, Inovasi, Seni, Olah Raga, Matematika, Sama Pentingnya untuk Dipelajari

35
0
BERBAGI
Belajar seni adalah belajar tentang keindahan

OASENEWS.com – Perkembangan imu pengetahuan dan teknologi telah menciptakan pergeseran habit, gaya  dan kebutuhan hidup. Kini bisnis Online secara signifikan telah menggerus pasar jual beli yang dilakukan dengan gaya konvensional. Pasalnya bisnis online bisa berjalan jauh lebih efisien, tidak memerlukan tempat/ showroom atau gudang, tidak harus melakukan stokis dalam jumlah besar, pun keperluan-keperluan relevan lainnya. Ini bukan saja sekadar jual beli makanan ringan atau kebutuhan konsumsi lainnya, namun juga keperluan-keperluan dalam eskalasi besar semisal pembelian unit mobil dan sejenisnya.

Pergeseran juga terjadi pada sektor kehidupan lainnya seperti kesehatan, komunikasi, transportasi, pun pendidikan. Lebih dari itu gaya hidup anak-anak zaman now pun sangat diperngaruhi oleh hal ini. Boleh jadi mereka lebih memilih cita-cita sebagai seorang youtuber atau programer dibandingkan menjadi dokter atau insinyur. alasannya dengan skill serta wawasan yang memadai, kini saatnya kita bekerja dengan menyenangkan dan penghasilan lebih banyak. Ada pula pendapat yang menyatakan “ini saatnya uang yang mendatangi kita, jangan kita yang mencari uang”. Pandangan tersebut memang benar adanya, meski tidak semua lini bisa diberlakukan demikian.

Perubahan pandangan masyarakat terjadi secara perlahan tetapi pasti. Lima puluh tahun lalu, para orangtua menghendaki agar anak-anaknya berhasil menjadi pegawai negeri, akademisi, birokrat dan sejenisnya. Bagi mereka yang memiliki modal banyak pula yang melirik dunia usaha sebagai tambatan masa depan.

Peralatan Podcast.. Melatih siswa berkomunikasi dengan gaya kekinian

Keterbukaan pikiran telah menjadikan semua berubah, terlebih hal ini didukung oleh kondisi real masyarakat dalam berbagai level dan komunitas. Dunia olah raga di Indonesia telah mencatat kemajuan yang signifikan dengan konsep profesionalisasi atlet, sehingga mereka yang berprofesi sebagai pesepakbola, pebulutangkis, pebolavoli atau atlit lainnya kini bisa hidup dengan memadai, bahkan berkemewahan. Demikianpun seni dengan segala cabang-cabangnya yang kini sangat mungkin dijadikan sebagai profesi. Tidak ketinggalan berbagai bentuk lifeskill pun pada akhirnya seringkali menjadi pilihan hidup seseorang.

Ada kesamaan di antara beberapa fenomena di atas yaitu pentingnya inovasi dan kreatifitas untuk menghadirkan sesuatu yang baru, ataupun mengembangkan yang sudah ada dengan penyempurnaan.

Lalu bagaimana dunia pendidikan merespons berbagai fenomena di atas. SMP Perguruan “Cikini” (Percik) sangat concern terhadap hal ini. Sekolah yang berada di kawasan Cikini ini benar-benar mengakomodir pengembangan bakat dan minat para siswanya. Bagi para siswa yang memiliki prestasi, sekolah memberikan dorongan tersendiri agar prestasinya makin berkembang sementara proses akademis tetap dilakukan dengan baik tanpa keduanya saling mengganggu. Bagi siswa yang belum memiliki prestasi, jalur ekstrakurikuler dan koo kurikuler menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan kemampuan. Sekali lagi kesemuanya dijalankan dengan tetap memperhatikan kecakapan akademis. Pun proses kreatifitas, sekolah ini menggunakan pendekatan The Innocreat School yang mengedepankan pendekatan-pendekatan inovatif dan kreatif, termasuk bagaimana melatih proses kreatifitas terhadap para siswanya.              

Apa sih misi atau tujuan dari program-program yang dijalankan? Bukan sekadar pelaksanaan proses pembelajaran dengan berbagai muatan ekstra dalam bentuk lifeskill, namun lebih dari itu, yang sangat penting bagi para siswa adalah membuka wawasan dan pikiran, agar tidak terkungkung dengan pemahaman yang sempit bahwa untuk mencapai kesuksesan kita harus memiliki nilai akademis yang bagus, ranking atas, nilai matematika harus 9 atau 10 dan sejenisnya. Benar bahwa pembinaan akademis harus berhasil, namun menjadi salah kalau dianggap sebagai satu-satunya kunci kesuksesan.

Pandangan yang sempit dan terkungkung juga menjadi sesuatu yang berbahaya jika tidak segera diperbaiki. Hal ini disebabkan dunia terus berkembang dengan segala fenomena, bahkan sesuatu yang dahulu dianggap tidak mungkin terjadi, kini menjadi sesuatu yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Maka para siswa harus benar-benar didorong untuk bersikap terbuka terhadap berbagai perkembangan agar benar-benar bisa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi setiap saat. Ingat bahwa segala sesuatu berubah secara terus menerus, hanya satu yang tidak berubah yaitu perubahan itu sendiri.

LEAVE A REPLY