Beranda Edukasi Kegiatan LDKS angkatan XXIX dalam bingkai pengembangan karakter dan soft skill para...

Kegiatan LDKS angkatan XXIX dalam bingkai pengembangan karakter dan soft skill para siswa SMP “Percik”

47
0
BERBAGI

Oase News.Com – Kegitan LDKS yang tahun ini sudah sampai pada angkatan kedua puluh Sembilan (XXIX) SMP Perguruan Cikini, tetap konsisten hadir dalam upaya mencetak kader pemimpin bangsa masa depan.

Rangkaian kegiatan yang bertujuan sebagai wadah pembentukan karakter peserta didik serta pengembangkan soft skill telah selesai diadakan.

LDKS dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, pada tanggal 20-21 September 2019 bertempat di Villa Biru, Pancawati, Bogor. Sebanyak 53 siswa ikut dalam kegiatan LDKS dengan didampingi oleh dewan guru beserta staf tata usaha.

Kegiatan dibuka oleh kepala SMP Percik yaitu Bapak Drs. Susiyanto, dilanjutkan dengan pembinaan soft skill yaitu materi pemantapan PBB dan Materi Kepramukaan. Materi tersebut bertujuan untuk membangun karakter siswa yang memiliki disiplin, rasa peduli terhadap orang lain dan alam, serta menumbuhkan sikap kemandirian siswa.

Setelah itu materi yang diberikan adalah debat kandidat untuk para calon ketua dan wakil ketua osis yang dipandu oleh Bapak Drs.Hartono yang pernah menjabat sebagai Pembina osis dan kepala SMP Percik. Dalam kegiatan LDKS ini, pemilihan Ketua Osis sebagai bagian dari proses regenerasi organisasi siswa juga dilakukan, ketangkasan dalam bidang akademik dan ekstrakulikuler menjadi hal utama dalam penilaian calon tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan spiritual yaitu dengan sholat magrib dan isya berjamaah diselingi dengan ceramah dan doa yang dipimpin oleh guru agama Islam, dan peribadatan agama lain yang dipimpin juga oleh guru.

Kegiatan malam dilanjutkan dengan menyalakan api unggun sebagai simbul pengikatan janji siswa SMP Percik untuk selalu menjaga nama baik sekolah dan untuk selalu menjadi pengabdi dan pengamal pancasila dalam menbangun Negara Republik Indonesia serta menjadi orang yang berguna dan bertanggung jawab terhadap Tuhan YME.

Setelah ikrar diucapkan, kegiatan selanjutnya adalah pentas seni. Bakat dan kreativitas peserta ditampilkan dalam bingkai kebersamaan melalui seni suara, seni tari, seni drama dan lain sebagainya.

Post test merupakan kegiatan selanjutnya yang dilakukan, dimana kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan.

Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah games dan outbond sebagai wadah menumbuhkan rasa kebersamaan, dan melatih kerjasama antarsiswa.

Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan ini penting diikuti para siswa, selain menjadi wadah melatih kedisiplinan dan kerjasama, LDKS juga menjadi bekal awal siswa dalam bersosialisasi dan melatih kepimpinan mereka di masa depan.

LEAVE A REPLY