Beranda Teknologi Ini Saran Menkominfo Agar Komputer Anda Aman dari Serangan Virus Ransomware Petya

Ini Saran Menkominfo Agar Komputer Anda Aman dari Serangan Virus Ransomware Petya

472
0
BERBAGI

Oasenews.com – Setelah ransomware wannacry sempat mewabah dengan menyerang situs-situs penting dunia, kini virus dengan kemampuan serupa, ransomware Petya menyerang.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, meminta masyarakat untuk melakukan antisipasi serangan virus ransomware Petya yang saat ini juga sudah mewabah secara global.

Perlu diketahui, cara bekerja virus Petya mirip dengan ransomwareWannaCry yang menyerang skala global pada 13 Mei. Tentu malwaretersebut berpotensi menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.
Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan cara dalam mengantisipasi serangan malware ransomeware Petya bagi masyarakat Indonesia yakni.

1. Sebelum hidupkan komputer atau server, terlebih dahulu matikan hotspot atau wifi dan cabut koneksi kabel LAN atau internet sementara waktu, sampai dipastikan semua aman.

2. Setelah itu, segera pindahkan data ke sistem operasi non-Windows (Linux, Mac) dan lakukan backup atau copy semua data ke media storage terpisah.

Kemudian, untuk pengelola teknologi infomasi atau IT, dapat melakukan tindak lanjut teknis lainnya, seperti.

1. Lakukan update security pada Windows Anda dengan install patch MS17-010 yang telah dirilis oleh Microsoft. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download dengan menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.

2. Lakukan update antivirus dan pastikan antivirus tersebut meliputi anti-ransomware.
3. Nonaktifkan fungsi SMB (Server Message Block) dan jangan mengaktifkan fungsi macros.
4. Block Ports: 139/445 dan 3389.

Akan tetapi, Menkominfo juga memaparkan bahwa penularan dapat juga melalui penyebaran file attachment e-mail dan link ke situs malware, bukan hanya lewat penyebaran melalui jaringan. Jadi masyarakat juga diimbau untuk tidak sembarang membuka file dari orang yang tak dikenal. (as)