Beranda Edukasi Industri Kreatif dan Sekolah Musik

Industri Kreatif dan Sekolah Musik

34
0
BERBAGI

Oasenews.com – Seiring dengan berkembangnya industri musik di masyarakat, musik dan industri hiburan kini menjadi bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan. Musik menemani mahasiswa yang mengerjakan skripsi, ibu rumah tangga yang membersihkan taman, hingga pemusik yang mengerjakan proyeknya di studio. Musik sudah masuk disemua ranah kehidupan. Kita mendengar musik diputar di swalayan, kendaraan umum, kampus dan restoran. Hal ini menunjukan bahwa masa depan dunia musik akan terus ada seiring berjalannya waktu.

Dengan peluang keberadaannya yang dibutuhkan hampir disetiap saat dan waktu, sayang rasanya jika anak didik kita tidak bergabung dan berpartisipasi dalam industri kreatif ini. Tidak hanya tentang bersenang-senang dan menghabiskan waktu, berprofesi di dunia musik kini menjadi usaha yang menjanjikan. Dengan timing yang pas, didikan yang diarahkan langsung oleh ahlinya dan keseriusan pemusik itu sendiri, mudah bagi siapapun untuk terjun di dunia musik.

Mengenal SMK Musik Perguruan “Cikini”

SMK Musik Perguruan “Cikini” adalah salah satu sarana dari sekian banyak wadah bermusik yang mampu mengantarkan calon-calon pemusik untuk meneruskan keahliannya. Apa yang membuat sekolah musik ini berbeda dari yan lain? Artikel ini mencoba merangkum beberapa hal yang perlu diketahui tentang bermusik di sekolah ini. Diantaranya:

Anak didik tidak menghabiskan waktu mempelajari hal-hal yang tidak diminati.

Setiap anak cenderung untuk tidak menolak musik. Namun beberapa diantaranya sering menghadapi kesulitan dalam mempelajari fisika, kimia dan akuntasi. Hal ini terkadang membuat mereka malas menimba ilmu disekolah. Dari pada membiarkan mereka tenggelam ke aktivitas yang menumpulkan potensinya, sekolah musik seperti SMK Musik Perguruan “Cikini” mampu menyalurkan minat dan bakat mereka ke pelajaran yang akan mereka sukai, sehingga proses belajar mengajar menjadi jauh lebih berguna dan berpengaruh bagi mereka.

Dengan 70% materi musik, keahlian siswa lebih matang dibanding anak seusianya.

SMK Musik Perguruan “Cikini” memiliki kurikulum yang jauh berbeda dibandingkan sekolah pada umumnya. 70 % materi pembelajarannya merupakan musik produktif dan menyisakan 30 % bobot belajar untuk pelajaran pokok seperti Bahasa Indonesia dan Kewarganegaraan. Dengan memberi titik fokus pada kemampuan bermusik, anak didik akan lebih mampu bereksplorasi dan mengasah kreativitasnya dalam bermusik.

Merupakan satu-satunya sekolah menengah musik di Jakarta.

Tercatat ada lebih dari 200 jumlah sekolah di Jakarta Selatan namun anda hanya akan menemukan satu sekolah musik berakrediyasi A di Jakarta dan Jakarta Selatan. Benar adanya bahwa SMK Musik Perguruan “Cikini” memang menjadi satu-satunya sekolah musik yang bertahan dan masih aktif hingga saat ini berdiri sejak 2005 dan sudah menhasilkan ratusan lulusan potensial.

Ada pilihan mayor & minor instrumen klasik yang tidak disediakan di sekolah manapun.

Saat masuk ke sekolah ini, siswa akan diberi pilihan instrumen klasik mayor yang akan mereka perdalam selama tiga tahun sekolah. Serta pilihan instrumen minor sebagai opsi. Instrumen yang ditawarkan antara lain, gitar, piano, biola, perkusi, cello, contra bass, oboe, flute, klarinet, saxofon, trompet, trombon dll. Guru pembimbingnya pun dibedakan sesuai dengan spesialis masing-masing.

Adanya sistem boarding meningkatkan kemampuan sosial, dan kepekaan bermusiknya.

Hidup bersama di asrama mampu memberikan lebih banyak kesempatan bagi siswa/i untuk lebih meningkatkan kemampuan inter dan intrapersonal siswa. Hal ini juga sangat mendukung kesempatan mereka untuk mempelajari musik lebih dalam dengan jangka waktu lebih lama bersama teman-temannya.

Melibatkan siswa dengan kegiatan bermusik secara nyata seperti konser dan kegiatan tahunan lainnya.

Bagaimana dengan Prospek Lulusan?

SMK Musik Perguruan “Cikini” tidak pernah menjanjikan hasil cemerlang dengan marketing yang sedikit ‘menipu’ oarng tua siswa. Namun demikian prestasi demi prestasi yang dihasilkan oleh anak didiknya membuktikan kualitasnya. Memenangkan kejuaran lomba grup vokal, festival FLS2N, bergabung dalam orkestra ensambel, mengadakan konser skala besar dan banyak meraih banyak medali penghargaan sudah menjadi tradisi tahunan sekolah ini.

Yang mengejutkan, tidak hanya dibidang musik, SMK Musik Perguruan “Cikini” juga meraih perolehan yang tidak mengecewakan pada prestasi akademik. Alumni SMK Musik Perguruan “Cikini” meraih peringkat satu perolehan rerata UN, setiap tahun menelurkan lulusan SNMPTN dan diterima diberbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Hal itu diperoleh melalui seleksi beasiswa dan jalur mandiri.

Peluang Karir Alumni

Ditengah persaingan pasar pencari kerja, musisi memiliki lapangan tersendiri yang terpisah dari pusaran itu. Kemampuan bermusik dan insting itulah yang menjadi bekal meniti karir di industri musik. Kamu tidak perlu khawatir dengan prospek kerja musisi karena ada banyak sekali peluang karir yang tersedia. Diantaranya:

  1. Management Industri Musik

Ada beberapa peran yang mendorong berjalannya management musik. Pembentukan personel band, parade musik korps, orkestra hingga menerbitkan penyanyi bisa jadi pilihan karir dengan peluang kesuksesan beragam.

Personel Band, Korps & Parade Musik

Beranggotakan miimal 2 orang hingga jumlah tak terhingga, grup musik masih menjadi profesi yang cukup diminati dikalangan anak muda. Lihat bagaimana grup duo seperti Duo Maia, Svmmerdose, hingga grup JKT 48 yang berjumlah 48 orang tetap memiliki penggemar setianya masing-masing.

            Anggota Orkes Klasik

            Musik klasik juga memiliki penggemar yang tidak sedikit. Biasanya mereka datang dari kalangan menengah ke atas yang membutuhkan asupan musik dengan level yang berbeda. Sekolah Menengah Musik Perguruan “Cikini” atau yang lebih dikenal sebagai SMM Percik ini menawarkan program pemilihan instrumen musik klasik sebagai mayor pembelajaran. Peserta didik bisa langsung terjun dan fokus selama 3 tahun sekolah untuk mendalami musik klasik dan terlibat dalam kegiatan orkes dan konser klasik yang ada di Jakarta.

Penyanyi

SMM Percik juga memiliki program mayor Vokal bagi anak-anak yang tidak ingin berman musik dan mengembangkan bakatnya dibidang tarik suara. Diajarkan langsung oleh guru vokal tersertifikasi, SMM Percik hingga kini sudah menelurkan banyak prestasi dibidang paduan suara dan solo vokal.

  1. Produksi Musik

Prospek profesi musik juga sangat luas. Kamu tidak hanya bisa menjadi penampil yang mucul diatas panggung. Kamu juga bisa berkreasi dibelakang panggung dan memproduksi musik di studio rumah tanpa touch up make up dan desain.

Peng-arasemen Lagu

Banyak konten kreator yang mencoba untuk mengkover lagu dengan jenis musik yang beda. Misalnya lagu ballad yang dirubah menjadi versi EDM atau dangdut. Atau contoh lain, seorang musisi cover lagu merubah lagu rock menjadi versi akustik dan memberikan suasana berbeda. Kemampuan menggubah lagu menjadi bentuk lain adalah proses arrasement. Proses ini sangat dibutuhkan di industri perfilman, pendidikan bahkan ke bidang olahraga. Sehingga, sangat mungkin bagi musisi untuk mengambil peluang ini sebagai sumber penghasilan dengan hasil yang menjanjikan.

Produser

Jika seseorang anak memiliki bakat dalam hal, memproduksi lagu, memiliki kemampuan mengatur ­jalannya proses pembuatan lagu dan jeli dalam melihat kekurangan dan kelebihan sebuah karya musik, produser bisa menjadi profesi yang sesuai dengannya. Produser terlibat dalam pra produksi lagu, proses rekaman hingga tahap akhir mixing  dan mastering.

  1. Teknisi

Kreativitas musisi tidak hanya berbatas pada not balok dan nada. Menghasilkan musik kreatif juga tidak lepas dari tata panggung dan tata audio yang profesional. Hal ini harus di handle oleh seseorang yang memiliki kepekaan bermusik dan pengalaman yang cukup. SMM Percik merupakan sekolah yang bukan hanya mengajarkan teori musik tapi juga praktek lapangan untuk melatih keluwesan siswa dalam menjalankan sebuat event seperti konser dan parade.

            Sound Engineer

Sound engineer adalah bidang skill yang berhubungan dengan peralatan musik atau penggunaan mesin. Mereka dibalik layar, dan peran mereka sangat kuat dalam menghasilkan performa musik yang berkualitas. Mereka terdiri dari monitor, sistem, studio, audio dll. Sound engineer dibutuhkan hampir di semua industri kreatif sehingga peluang tenaga kerja yang dibutuhkan jumlahnya pasti lebih besar.

            Pengembang Start Up

SMM Percik menyadari bahwa di era industri 4.0, start up sudah masuk ke lini kehidupan paling dasar. Start up dibutuhkan saat orang memesan makan, beli baju, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi. Bahkan musik pun di jual di situs e-commerce yang mengembangkan sistem start up dalam pemasarannya. Di era yang serba ada ini, sayang rasanya jika musisi tidak terjun dan terlibat didalamnya.

  1. Instruktur

Pemusik juga bisa terlibat dalam dunia pendidikan. Mengajarkan musik jika bukan dari seorang ahli pemusik juga tidak akan menghasilkan bibit pemusik yang handal. SMK Musik Perguruan “Cikini” sudah lebih dulu menerapkan hal itu. Semua guru produktif musiknya berasal dari orang-orang pilihan yang berkemampuan mengajarkan anak didik tentang cara bermusik yang benar. Hal itu didukung dengan diploma dari pendidik yang berlatar belakang musik dan minat yang besar didunia musik sebelum mereka sekolah/berkuliah di jurusan seni musik.

Siapa Saja yang Sudah Hits dari SMM Percik

Siapa saja alumni yang sudah debut dan eksis di industri hiburan? Berikut ini daftarnya:

Abby Galabby (Galabby Tahira)

Galabby Tahira atau yang dikenal ebagai Gabby Galabby ini merupakan anak dari artis senior Erly Ashy. Gabby merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Mnecari Bakat (IMB). Gadis cantik ini memiliki suara yang khas dan identik dengan Disney Princess. Sekarang Gabby merupakan istri dari presenter komedi Dimas Danang.

Wizzy

Williana Saraswati atau yang dikenal sebagai Wizzy adalah jebolan ajang pencarian bakat Mamamia Show. Gadis berambut ikal ini berhasil menjadi runner up di Mamamia musim kedua. Dia dinominasikan untuk Dahsyatnya Award, AMI Award, Piala Maya, dan masih banyak lagi. Dia juga dikenal sebagai teman dekat Vidi Aldiano dan musisi RAN.

Kenny Gabriel

Kenny Gabriel merupakan juara ajang pencarian bakat The Remix 2016. Dia berkolaborasi dengan Dewi Gita dan membentuk grup Electroma. Dia juga merupakan session player dari artis artis ternama seperti Afgan, Teddy dll. Saat ini dia memproduseri beberapa musisi hits seperti Svmmerdose (grup milik Iqbal Ramadhan), dan Wizzy.

Richad Hutapea

            Richad adalah saxophonist muda berbakat. Dia mengambil mayor Saxophon di SMM Percik selama 3 tahun dan mengembangkan karirnya setelah lulus. Dia terpilih sebagai penampil Ngayogjaz Festival 2016. Dia berkolaborasi dengan Renata Tobing dalam acara itu yang ditampilkan secara live streaming. Richad juga terlibat dalam Java Jazz Festival, Jazz Goes to Campus, dan serangkaian Jazz Festival lainnya.

Jordy Waelauruw

            Jordy adalah peniup trompet muda asal Maluku. Dia merilis lagu berjudul ‘With You’ featuring Kunto Aji. Pertemanan mereka cukup dekat sehingga mereka terlibat dalam konser bersama bertajuk “Intimate Toour’ with Kunto Aji dan Eva Celia.

Dengan begitu, industri musik erat kaitannya dengan sekolah music. Karena untuk memasuki industry kreatif, seseorang harus memiliki bakat, latar belakang dan pendidikan musik yang memadai. Dengan bekal dan pengalaman bermusik, seorang pemusik bisa memiliki prospek yang luas untuk menunjang karir bermusiknya. Sekolah menengah music SMK Musik Perguruan “Cikini” bisa menjadi alternative terbaik bagi calon-calon pemusik masa depan.

LEAVE A REPLY