Beranda Edukasi Gebyar Budaya Nusantara Percik: Ragam Pesona Keindahan Indonesia

Gebyar Budaya Nusantara Percik: Ragam Pesona Keindahan Indonesia

343
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Keragaman budaya daerah Indonesia adalah representasi kekayaan negeri yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Ia juga merupakan salah satu jati diri Bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lainnya. Maka kewajiban kitalah untuk melestarikan segala bentuk karya cipta para pendahulu yang kini menjadi warisan tak ternilai harganya. Penanaman nilai-nilai budaya bagi para generasi muda mutlak harus dilakukan jika tidak ingin tergerus oleh budaya asing dari manapun, hal mana fenomena tersebut sudah terjadi sejak lama, dan terindikasi pula kini semakin menjadi-jadi.

Seluruh warga Sekolah Perguruan “Cikini” (Percik) menyadari hal tersebut. Momentum Memperingati Hari Sumpah Muda yang bertepatan dengan 28 Oktober menjadi ajang yang tepat untuk kembali mengingatkan pentingnya persatuan bagi Seluruh Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai ragam suku bangsa dengan ciri khas tradisi masing-masing. SMK 3 Percik menjadikan kegiatan Gempita Budaya Nusantara sebagai agenda tahunan. SD dan SMP Percik memperingatinya dengan menyelenggarakan Gebyar Budaya Nusantara dengan menyisir berbagai daerah dari Barat hingga ke Timur yang ditampilkan secara bergilir. 2019 merupakan tahun yang ke X dari penampilan rangkaian acara tersebut. Setelah tahun sebelumnya menampilkan Nusa Tenggara, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogyakarta, Betawi dan lain-lain, kali ini gilirannya menampilkan Budaya Sumatera Barat. Rangkaian acara diselenggarakan selama 2 hari dengan menampilkan berbagai bentuk permainan masyarakat (anak-anak) ditutup dengan Penampilan Uda dan Uni, Penampilan talempong, Festival Kuliner Sumatera Barat yang diikuti oleh 9 (sembilan) stand mewakili Kelas I sampai dengan kelas IX, tampil pula Betrand Peto yang kebetulan merupakan siswa SMP Percik membawakan lagu Indah Alam Negeriku, ciptaan Waluyo Hadi,  lagu yang kini tengah menjadi trending topik. Kehadiran Ruben Onsu sebagai orangtua siswa memberikan warna tersendiri dalam semarak acara yang berlangsung di halaman dalam Sekolah Perguruan”Cikini” ini.

Wakil Direktur Dikdasmen YPC, Hari Poerwanto, M. Sn menyatakan ini adalah cara Sekolah Perguruan “Cikini” membersarkan para siswa. Bahwa pembinaan akademis merupakan core terpenting dalam proses pendidikan, namun pemahaman ragam budaya yang mengarah ke penanaman rasa nasionalisme agar para siswa tidak mudah tergerus oleh paham-paham yang ingin merubah tatanan hidup berbangsa, adalah hal yang tidak kalah penting, demikian paparnya. Sementara Ervin Trisworo, S.Si selaku Kepala SD Percik menyatakan bahwa pembinaan serta penanaman jiwa kreativitas, inovasi serta enterpreneurship juga merupakan muatan yang mutlak harus dipersiapkan kepada para siswa sejak dini. Hal mana dalam waktu ke depan perubahan berbagai perkembangan kehidupan menuntut SDM yang tanggap, inovatif, kreativ dan mampu membaca fenomena dalam berbagai hal yang terus berubah.

LEAVE A REPLY