Beranda Edukasi Field Trip SD Perguruan “Cikini”: Perlunya Pengembangan Mandatori

Field Trip SD Perguruan “Cikini”: Perlunya Pengembangan Mandatori

703
0
BERBAGI
percik
Kunjungan Kelas II ke KRI KOLINLAMIL

Oasenews.com – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi dengan begitu cepat. Kemajuan teknologi merambah dengan agresif pada seluruh lini kehidupan. Hal ini menuntut seluruh umat manusia harus dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi dimaksud. Dapat dipastikan mereka yang tidak mengikuti paradigma perubahan ini tidak akan mampu beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi juga menuntut dunia pendidikan agar menyesuaikan seluruh proses pendidikan sesuai perkembangan jaman. Persoalannya apakah proses pendidikan sudah mampu mengakomodir kebutuhan tersebut? Jawabannya adalah belum sepenuhnya. Berbagai hal menjadi kendala yang serius seperti sarana yang belum terpenuhi serta kekurangan SDM, juga perlu pengembangan sistem yang dapat menambah kapabelitas kemampuan para siswa dalam memaksimalkan potensi masing-masing.

percik
Kunjungan kelas IV ke Nestle

Salah satunya adalah melalui pengalaman lapangan, baik sekadar kegiatan peninjauan, terlebih dengan hal-hal bersifat aplikasi yang lebih signifikan. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat menunjang kemampuan siswa dengan pengalaman lapangan adalah field trip, di antaranya adalah kunjungan ke berbagai tempat untuk memperoleh pendalaman yang memadai terhadap obyek tertentu.

Kegiatan seperti ini sudah sejak lama dilakukan oleh SD Perguruan “Cikini” (Percik). Seperti halnya dalam Tahun Ajaran 2016/ 2017 ini, Percik mengadakan kunjungan ke berbagai tempat yaitu Kunjungan ke Ice Cream Walls untuk kelas I, Kunjungan ke KRI Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) untuk kelas II, sementara kelas III berkunjung ke Penerbit Erlangga sedang kelas IV berkunjung ke Nestle sedang kelas V berkunjung ke Pocari Sweat.  

percik
Kunjungan siswa kelas I ke
Ice Cream Walls

Banyak manfaat yang diperoleh dari program field trip seperti ini. Pertama menambah wawasan dan pengetahuan dengan menyaksikan secara langsung berbagai proses terkait obyek kunjungan. Hal ini sangat penting untuk menambah perbendaharaan pengetahuan sekaligus pemahaman yang lebih mendalam. Kelak hal ini akan menjadi bekal yang sangat berguna bagi para siswa.  

percik
Kunjungan kelas III ke Penerbit Erlangga

Kedua, penambahan wawasan ini akan menjadi motivasi bagi para siswa, bahkan tidak menutup kemungkinan akan merangsang minat para siswa untuk mendalaminya lebih jauh. Sebagai contoh ketika memasuki KRI KOLINLAMIL, bisa jadi seorang anak tertarik untuk kelak menjadi seorang prajurit angkatan laut, atau menjadi nahkoda kapal, begitupun dengan pengalaman yang lain.

Pada prinsipnya sekolah ingin membekali siswa dengan berbagai pengetahuan serta wawasan yang sebanyak-banyaknya. Dengan demikian pada saatnya terjun ke masyarakat mereka akan memiliki pembekalan yang lebih lengkap serta mampu beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari, utamanya terkait dengan pilihan profesi di masa depan, demikian disampaikan oleh Ervin Trisworo, S.Si, Kepala SD Perguruan “Cikini”. (hp)

percik
Kunjungan kelas V ke Pocari Sweat