Beranda Headline Dituduh Bersekongkol dengan PPK, Ketua Panwas Weda Tengah Angkat Bicara

Dituduh Bersekongkol dengan PPK, Ketua Panwas Weda Tengah Angkat Bicara

52
0
BERBAGI

Foto: Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)

Oase.Ternate-Weda Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Weda Tengah di isukan bekerja sama dengan PPK Kecamatan Weda Tengah, agar tidak memberikan C 1 salinan.

Hal tersebut di tentu mengundang perhatian ketua Panwascam Weda Tengah, Ise Detsriyel Angkat Bicara, Saat di temui Wartwan pada 29 Februari 2024 di Kantor Panwas Deda Tengah.

Menurut Ise, Saat di temui Wartwan pada 29 Februari 2024 di Kantor Panwas Deda Tengah mengatakan

“isu yang berkembang saat ini adalah kami Panwas kecamatan itu di diduga bersekongkol dengan PPK kecamatan Weda Tengah supaya tidak memberikan Formolir Salinan C 1 kepada Saksi.

“Padahal dari Panwas dalam Hal ini PTPS, menyarankan agar C salinan itu di berikan kepada Saksi Parpol yang bersangkutan,”

“setelah kami melakukan pengecekan pada PPK ternyata yang datang untuk meminta C 1 salinan itu bukan saksi melainkan pendukung Caleg yang ada di Weda Tengah itu sendiri”, ungkap Ise.

Maka sebagai ketua Panwas Kecamatan Weda tengah saya ingin sampaikan bahwa “legalitas saksi itu megang Mandat Saksi dari Parpol tertentu, dan saksi yang memegang mandat itulah yang wajib mengetahui dan menandatangani Salinan C 1 tersebut”, tutur Ise.

Tak Hanya itu Ise juga bilang “Beberapa caleg yang mereka merasa c salinan itu tidak di berikan oleh KPPS dan disitu ada juga yang mengira bahwa dari panwas weda tengah turut bekerjasama dengan PPK pada kenyataannya tidak seperti itu,”

Justru,Panwascam dalam hal ini PTPS yang bertugas disitu telah memberikan saran kepada PPK bahwa wajib memberikan c salinan kepada saksi untuk menandatangani karena itu yang di persyaratkan dalam peraturan KPU,” ungkapnya.

Ise juga bilang “Namun setelah saya monitoring dan kami bertanya pada KPPS ternyata menurut kpps yang datang minta C salinan itu justru bukan saksi saksi yang di percayakan oleh Parpol jadi KPPS tidak berani memberikan. Karena memang saksi itu yang berhaK masuk di dalam lingkup TPS itu hanya saksi yang menerima dan di percayakan sebagai saksi pada caleg tertentu”.

Kami juga suda menyampaikan bahwa saksi yang masuk di dalam ruang TPS Itu adalah saksi yang namanya ada di mandat bukan cuma asal datang lalu bilang saya saksi meskipun itu dia dari ruang yang berseblahan karen ini dasar hukum dan regulasinya hukum. Ada juga yang datang tapi bukan saksi dari partai, tapi Caleg yang langsung datang minta sementara C salinan itu, ada tanda terima.kata ise

“kalau semisalnya saksi yang tidak ada mandat lalu di kemudian hari kalau terjadi masalah, siapa yang nantinya disalahkan pasti teman teman KPPS,maka sebagai penyelenggara teknis di lapangan informasi yang sementara berkembang di luar tapi yang sebenarnya tidak seperti itu. (*)

Editor: Haerun

Reporter: Ibo

LEAVE A REPLY