Beranda Global Di Jepang, Memiliki Mobil Dianggap Kuno dan Kampungan

Di Jepang, Memiliki Mobil Dianggap Kuno dan Kampungan

420
0
BERBAGI

Oasenews.com – Di Jepang, jika memiliki mobil lebih dari satu maka besar kemungkinan ia adalah seorang petani. Pasalnya, mobil kebanyakan digunakan oleh petani untuk keperluan mengangkut logistik.

Orang-orang Jepang terbiasa menggunakan kendaaran umum dalam beraktifitas. Hampir setia saat mereka menggunakan kereta api saat bepergian. Seain kereta api, jalan kaki dan sepeda adalah kendaraan orang kota.

Sepeda-sepeda di parkir di lahan yang dibawahnya adalah stasiun. Semua hunian di Jepang mempunyai standar yang sama, yaitu anti gempa dan dapat menjangkau stasiun terdekat dengan jalan kaki atau sepeda.

Jaringan kereta api di Tokyo adalah yang paling intensif di seluruh dunia. Kereta api menjangkau setiap sudut kota.
Sehingga saat jam-jam berangkat atau pulang kantor, kita tidak akan pernah menemukan kendaraan bertumpuk di jalanan karena macet.

Jadwal keberangkatan dan kedatangan nyaris tidak pernah meleset, bahkan dalam hitungan detik sekali pun.
Pengguna kereta api tidak mengobrol, mereka membaca buku. Berbicara menggunakan telepon seluler di hadapan orang lain, adalah perbuatan yang tergolong sangat tidak sopan.

Masyarakat di Jepang tidak mempunyai masalah jarak antara tempat tinggal dan kantor. Mereka bisa memilih untuk tinggal dimana saja, karena biaya transportasi diganti kantor. 

Pemerintah Jepang menjalankan strategi sedemikian rupa agar semua warga menggunakan kereta api dan bukan bus kota apalagi kendaraan pribadi. Strategi ini dirancang secara rinci oleh universitas setempat dan pemerintah yang mengimplementasikan. (as)