Beranda Edukasi Belajar Berorganisasi Melalui Kegiatan OSIS

Belajar Berorganisasi Melalui Kegiatan OSIS

51
0
BERBAGI

OASENEWS.com – Keluarga Besar SMP Perguruan “Cikini” baru saja menyelenggarakan pelantikan Pengurus OSIS Periode Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Pelantikan dilakukan oleh Kepala SMP Percik, Drs Susiyanto, Pengurus Harian OSIS terdiri atas Ketua : Azka Musyaffa, Wakil Ketua : Asyifa Azzahra Hendry, Sekretaris : Ghelfa Monic Larasati, Bendahara : Leviano Asfa Naufail. Guna memperkuat kinerja serta efektifitas organisasi, dalam menjalankan tugasnya pengusus OSIS juga dibantu oleh Pengurus Perwakilan Kelas serta beberapa seksi sesuai bidang pembinaan terkait.

Pelantikan dihadiri oleh para pengurus osis, pimpinan, guru-guru serta beberapa perwakilan orangtua siswa. Pelantikan juga ditayangkan secara virtual, guna mematuhi aturan protokoler kesehatan sehubungan dengan penyebaran virus covid 19. Adapun Visi kepengurusan OSIS adalah “Membangun lingkungan sekolah yang sehat dan tetap produktif khususnya di masa pandemic, dengan menampung aspirasi dan bakat siswa serta mengembangkan segenap potensi yang dimiliki sehingga siswa menjadi generasi yang kreatif, cerdas, patriotik, berbudi pekerti luhur, dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi”.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Percik Drs Susiyanto menghimbau kepada para pengurus OSIS serta seluruh siswa agar senantiasa bersikap kreatif guna menghadapi berbagai tantangan, termasuk tantangan dalam menghadapi masa pandemic ini. Sikap kreatif hendaknya kita tanamkan dalam diri pribadi kita masing-masing karena  kreatifitas akan membuat kita selalu menemukan solusi untuk mengatasi segala permasalahan, demikian paparnya. Selain itu OSIS juga diharapkan aktif berkolaborasi dengan pihak sekolah dalam menerapkan program-programnya sebagai upaya untuk turut memajukan sekolah.

Pembinaan organisasi merupakan salah satu misi pokok dalam memperkuat nilai-nilai yang diterapkan di sekolah Percik dalam pengembangan 3 (tiga) ranah pendidikan yaitu Soft Skill, Bela Negara dan The Innocreat School., selain dari 8 (delapan) standar pendidikan yang merupakan mandatori pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketiga ranah ini sangat penting dalam mempersiapkan siswa sebagai calon-calon pemimpin di masa depan. Dalam hal Bela Negara misalnya, Percik menjalin kerjasama dengan Direktorat Jendral Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia untuk mendapatkan pendampingan yang memadai seperti halnya penerapan Kurikulum Bela Negara serta pembinaan bagi para trainer. Image tentang sekolah Percik sendiri identik dengan sekolah perjuangan, hal mana sekolah ini sudah berdiri sejak 1942, masa-masa para pejuang sedang mempersiapkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

LEAVE A REPLY